Otomotif
·
17 November 2020 15:46

Saat Toyota Garap Mobil Masa Depan dari Gambar Anak-anak

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Saat Toyota Garap Mobil Masa Depan dari Gambar Anak-anak  (122601)
Hasil gambar mobil impian Damion Daven di TDCAC. Foto: Istimewa
Toyota punya inisiatif khusus mewadahi kreativitas usia dini, dalam mengimajinasikan kendaraan masa depannya lewat Toyota Dream Car Art Contest (TDCAC).
ADVERTISEMENT
Pabrikan menyadari, ide awal berupa ekspresi emosional dan kecerdasan interpersonal anak, merupakan gagasan yang tak boleh terlewatkan dalam hal pengembangan kendaraan.
Saat Toyota Garap Mobil Masa Depan dari Gambar Anak-anak  (122602)
Kompetisi Toyota Dream Car Art Contest Indonesia (TDCAC). Foto: Istimewa
Intinya dari imajinasi anak yang dituangkan ke dalam gambar, bisa menjadi usulan realisasi mobil Toyota pada masa yang akan datang.
"Kami merasa bangga karena mimpi adik-adik ini salah satu inspirasi kami dalam mengembangkan kebutuhan mobilitas, termasuk menghadirkan kendaraan eco friendly di masa depan," papar President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Susumu Matsuda dalam sesi konferensi pers virtual, Selasa (17/11).
Khusus perhelatan TDCAC 2020, sudah ada 8.300 karya yang masuk ke komite TDCAC. Jumlah ini naik lebih dari 10 persen dibandingkan keikutsertaan hajatan yang sama tahun lalu.
Saat Toyota Garap Mobil Masa Depan dari Gambar Anak-anak  (122603)
Karya anak Indonesia yang menang TDCAC edisi 2018. dok. Toyota
Seperti tahun sebelumnya, TDCAC tingkat nasional ini terbagi atas tiga klasifikasi, yakni peserta usia di bawah 8 tahun, usia 8 sampai 11 tahun, dan usia 12 sampai 15 tahun. Ada pula kategori khusus berupa inspirasi terbaik dan tema Indonesia terbaik.
ADVERTISEMENT
Nantinya tiga karya pemenang dari masing-masing kategori, akan dikirim ke Jepang pada Februari 2021, untuk berkompetisi di tingkat global.
Saat Toyota Garap Mobil Masa Depan dari Gambar Anak-anak  (122604)
Karya dan peserta TDCAC 2020, dengan konsep Bright Butterfly Car. dok. TAM
Nah salah satu karya yang menarik perhatian adalah Bright Butterfly Car. Siapa sangka, mungkin juga tidak pernah terpikir oleh Anda, imajinasinya adalah sebuah mobil yang didedikasikan kepada seluruh Ayah di dunia, agar bisa bermain bersama anaknya.
Mobilnya anti kotor, sehingga waktu luang yang harusnya digunakan mencuci mobil, bisa untuk menemani si buah hati. Mobil pun juga bisa berkomunikasi dengan mobil lain, sehingga konektivitas yang ada memudahkan pencarian jalan yang lebih cepat dan aman sampai ke rumah.
Saat Toyota Garap Mobil Masa Depan dari Gambar Anak-anak  (122605)
Karya dan peserta TDCAC 2020, dengan konsep Eco Friendky Rattan Car. dok. TAM
Sejak digelar 16 tahun lalu, Indonesia sudah 8 kali berpartisipasi dalam Toyota Dream Car Art Contest. Selama dua tahun berturut-turut pada 2017 dan 2018, karya Indonesia mendapatkan penghargaan tertinggi di tingkat global, untuk nominasi Best Engineering Award.
ADVERTISEMENT

Karya anak Indonesia jadi inspirasi mobil konsep Toyota

Khususnya pada 2018, karya anak Indonesia bahkan menjadi inspirasi bagi tim riset Toyota, menghadirkan mobil konsep Toyota e-Palette untuk pendidikan.
Saat Toyota Garap Mobil Masa Depan dari Gambar Anak-anak  (122606)
Toyota e-Palette Foto: dok. Toyota
Kendaraan berbasis elektrifikasi dan berbasis swakemudi itu juga rencananya menjadi angkutan khusus perhelatan pesta olahraga dunia Olimpiade, yang bakal digelar di Jepang.
"Semoga tahun ini anak-anak Indonesia bisa meneruskan apa yang sudah dicapai di tahun–tahun sebelumnya, membawa nama Indonesia ke kancah global," imbuh Matsuda.