Otomotif
·
5 Maret 2021 15:11

Salip Indonesia, Daihatsu Rocky Meluncur Terlebih Dahulu di Malaysia

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Salip Indonesia, Daihatsu Rocky Meluncur Terlebih Dahulu di Malaysia (227405)
Perodua Ativa atau Daihatsu Rocky versi Malaysia. Foto: dok. Paultan
Daihatsu Rocky resmi meluncur terlebih dahulu di Malaysia dengan nama Perodua Ativa pada Rabu (3/3/2021). Ada 3 varian yang ditawarkan, X, H, dan AV.
ADVERTISEMENT
Mengutip dari Paultan, untuk varian terendah yaitu X di Malaysia diniagakan dengan harga setara Rp 233 juta, lalu untuk varian H dibanderol dengan harga setara Rp 251 juta, dan varian teratas yaitu AV dipasarkan dengan harga setara Rp 254 juta.
Harga yang disajikan itu juga sudah termasuk potongan pembebasan pajak penjualan yang diberlakukan Malaysia hingga 30 Juni 2021.

Tampilan luar yang sedikit berbeda

Menyandang nama yang berbeda, Perodua Ativa, rupanya juga membuat tampilan dari SUV mungil ini sedikit berbeda seperti Daihatsu Rocky atau Toyota Raize yang meluncur di Jepang pada 2019 lalu.
Perubahan wajah yang dilakukan pada Perodua Ativa itu rupanya memang sudah direncanakan cukup lama. Bahkan, CEO Perodua, Datuk Zainal Abidin Ahmad, mengatakan pihaknya telah mengirim lebih dari 50 pekerja Perodua untuk bekerja di divisi desain dan teknis Daihatsu di Jepang.
Salip Indonesia, Daihatsu Rocky Meluncur Terlebih Dahulu di Malaysia (227406)
Perodua Ativa atau Daihatsu Rocky versi Malaysia. Foto: dok. Paultan
Dari segi tampilan depannya, ubahan dilakukan pada bagian grille yang dibuat lebih lebar dibandingkan Daihatsu Rocky. Terdapat juga bumper depan dengan desain baru yang membuatnya terlihat lebih tangguh.
ADVERTISEMENT
Untuk lampu depannya, masih memiliki desain yang sama seperti Rocky dengan berbentuk horizontal. Lampu utamanya sudah menggunakan LED, pun dengan lampu seinnya yang mengadopsi LED sequential. Sementara untuk lampu kabutnya, terletak di bagian bawah dengan bentuk melingkar berukuran kecil, serta juga sudah menggunakan LED.
Pada bagian sampingnya, Perodua Ativa varian H dan AV dijejali dengan velg palang 5 berkelir dua warna dengan ukuran 17 inci. Sementara varian X, menggunakan velg 16 inci.
Perbedaan antara Perodua Ativa dengan Daihatsu Rocky di bagian samping terdapat pada penggunaan spionnya. Khusus di Perodua Ativa menggunakan spion dengan desain berbeda yang dilengkapi dengan lampu sein.
Salip Indonesia, Daihatsu Rocky Meluncur Terlebih Dahulu di Malaysia (227407)
Perodua Ativa atau Daihatsu Rocky versi Malaysia. Foto: dok. Paultan
Lalu untuk bagian belakangnya, Perodua Ativa tetap hadir dengan desain lampu yang sama seperti Daihatsu Rocky namun dengan lampu sein yang belum LED dan tidak sequential, sementara untuk lampu utamanya tetap menggunakan LED.
ADVERTISEMENT
Perbedaan lain terletak pada penggunaan bumper yang ternyata memiliki dimensi lebih lebar dan lebih panjang dibandingkan Rocky dan Raize.
Dengan bumper yang membesar, dimensi mobil ini pun turut memanjang 70 mm menjadi 4.065 mm. Begitu juga dengan tingginya yang jadi lebih tinggi 15 mm akibat suspensi yang dinaikkan guna memberikan ground clearance yang lebih tinggi 15 mm dari 185 mm menjadi 250 mm.

Yang berbeda di bagian dalam

Masuk ke bagian dalam, ubahan juga tak banyak dilakukan. Mobil ini tetap menggunakan desain dasbor yang serupa seperti Daihatsu Rocky atau Toyota Raize.
Perbedaan hanya terdapat pada fitur hiburan yang menggunakan layar head unit model floating berukuran 9 inci. Guna memberikan kualitas suara yang jernih, mobil ini juga dilengkapi dengan speaker sebanyak 6 buah.
Salip Indonesia, Daihatsu Rocky Meluncur Terlebih Dahulu di Malaysia (227408)
Perodua Ativa atau Daihatsu Rocky versi Malaysia. Foto: dok. Paultan
Perbedaan lainnya terletak pada pengaturan AC digitalnya yang memiliki bentuk seperti pengaturan AC pada Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Pengaturan AC ini berbeda dengan Daihatsu Rocky dan Toyota Raize yang sudah otomatis dual zone.
ADVERTISEMENT
Lalu terdapat juga tombol central lock yang punya posisi unik, yakni di sebelah tuas rem tangan. Ini jelas berbeda seperti yang ada pada Daihatsu Rocky dan Toyota Raize.
Selebihnya tak ada yang berbeda dengan mobil ini, dia tetap dibekali dengan tombol pengaturan audio pada setir, serta port USB, port HDMI, dan soket 12 Volt di konsol tengah.
Salip Indonesia, Daihatsu Rocky Meluncur Terlebih Dahulu di Malaysia (227409)
Perodua Ativa atau Daihatsu Rocky versi Malaysia. Foto: dok. Paultan

Fitur tetap lengkap

Menyoal ragam fiturnya, mobil ini tetap dibekali dengan ragam fitur kenyamanan dan keselamatan. Berikut lengkapnya.
Fitur kenyamanan
  • Head unit layar sentuh 9 inci
  • Keyless Entry
  • Engine Start Stop Button
  • Kamera parkir mundur
  • Kamera DVR
Fitur keselamatan
  • Airbags 6 titik
  • ISOFIX
  • Seatbelt Reminder
  • Stability Control
  • Sistem Pengereman Darurat Otonom
  • Lane Departure Warning and Prevention
  • Pre-Collision Warning and Braking System
  • Blind Spot Monitoring
  • Rear Cross Traffic Alert
  • Lane Keeping Assist
  • Adaptive Cruise Control
ADVERTISEMENT
Sayangnya beberapa fitur juga terpaksa dihilangkan Perodua pada mobil ini, seperti kamera parkir 360 derajat, dan fitur parkir otonom.
Salip Indonesia, Daihatsu Rocky Meluncur Terlebih Dahulu di Malaysia (227410)
Perodua Ativa atau Daihatsu Rocky versi Malaysia. Foto: dok. Paultan

Usung mesin 1.0 liter turbo

Dibangun di atas platform modular DNGA, Perodua Ativa ini dibekali dengan mesin bensin berkode 1KR-VET yang memiliki spesifikasi 3 silinder turbocharger berkapasitas 1.0 liter.
Mesin itu menjanjikan tenaga 97 dk pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 140 Nm pada 2.400 rpm hingga 4.000 rpm. Guna memberikan sensasi berkendara yang fun to drive, Perodua Ativa ini juga dibekali dengan tombol Power pada bagian setir.
Tombol itu memiliki fungsi untuk meningkatkan akselerasi mobil, seperti modus sport pada mobil sedan. Mesin kecil itu dipadukan dengan sistem transmisi otomatik CVT.
Salip Indonesia, Daihatsu Rocky Meluncur Terlebih Dahulu di Malaysia (227411)
Daihatsu Rocky yang siap mengaspal di Indonesia. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparan

Sudah diproduksi lokal

Selain sudah menyandang nama yang berbeda, yaitu Perodua Ativa, mobil ini ternyata juga sudah diproduksi secara lokal di fasilitas produksi Perodua di Malaysia dan memiliki tingkat kandungan lokal mencapai 95 persen.
ADVERTISEMENT
Khusus untuk mesinnya di produksi di Perodua Engine Manufacturing di kawasan Rawang, Selangor. Sedangkan transmisi CVT, diproduksi di Akashi Kikai, kawasan Sendayan, Negeri Sembilan, Malaysia.
Khusus untuk transmisi CVT, rencananya juga akan diekspor untuk memenuhi kebutuhan di Daihatsu Rocky dan Toyota Raize di Indonesia.
Lantas bagaimana dengan Daihatsu Rocky dan Toyota Raize yang akan meluncur di Indonesia? Menarik untuk dinantikan.
****