Sebulan, Truk Euro 4 Hino Laku 7.500 Unit

14 April 2022 21:03 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Hino Indonesia luncurkan produk baru dengan mesin standar Euro 4, Rabu (9/3). Foto: Sena Pratama/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Hino Indonesia luncurkan produk baru dengan mesin standar Euro 4, Rabu (9/3). Foto: Sena Pratama/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Chief Operating Officer sekaligus Director PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI), Santiko Wardoyo mengungkapkan penjualan truk Hino berstandar Euro 4 sukses mendapatkan respons positif di masyarakat.
ADVERTISEMENT
Sejak pertama kali diperkenalkan pada 10 Maret hingga 14 April 2022, truk Hino berstandar Euro 4 sukses membukukan angka pemesanan 7.500 unit.
"Jadi untuk Euro 4 itu ada sekitar 7.500 permintaan. Kira-kira di kategori Ranger ada sekitar 5.400an, kemudian yang di Dutro ada sekitar 2.200an," jelas Santiko saat ditemui di acara Media Gathering sekaligus buka puasa bersama Hino bersama media.
Lebih lanjut, Santiko menjelaskan untuk varian Ranger masih didominasi oleh tipe 6x4 FF yang menguasai permintaan sekitar 60 persen. Mayoritas konsumen di segmen itu merupakan perusahaan kelapa sawit, tambang, nikel, batu bara, dan konstruksi.
Lalu untuk varian Dutro, sambung Santiko, masih didominasi oleh tipe truk 6 roda yang umumnya dikhususkan untuk ekspedisi dan perkebunan.
ADVERTISEMENT
Hino Indonesia luncurkan produk baru dengan mesin standar Euro 4, Rabu (9/3). Foto: Sena Pratama/kumparan

Tak terpengaruh harga solar naik

Tingginya minat truk Euro 4 itu, diakui Santiko memang cukup mengejutkan. Sebab, saat ini harga bahan bakar solar cenderung terus mengalami kenaikan. Bila melihat fenomena itu, nampaknya kenaikan harga BBM tersebut tak berpengaruh signifikan pada penjualan truk Euro 4.
"BBM ini kan nggak seterusnya akan naik, naik turunnya ini kan nggak bisa ketebak, saya pikir nggak ada pengaruh ya. Karena mereka kan juga nggak ada pilihan lain, walaupun ada dampaknya sangat kecil ya, lambat laun juga akan terkikis," beber Santiko.

Hadirkan layanan darurat mudik

Menyambut musim mudik Lebaran Idul Fitri 2022, Hino juga turut menghadirkan layanan darurat di akhir pekan dan hari raya yaitu berupa bengkel siaga. Ada 13 jaringan bengkel Hino di Pulau Sumatera dan Pulau Jawa yang akan siaga selama arus mudik dan arus balik Lebaran 2022. Berikut lengkapnya.
ADVERTISEMENT
Fasilitas Hino Total Support Customer Center (HTSCC) di Purwakarta, Jawa Barat. Foto: PT Hino Motors Sales Indonesia
"Layanan darurat di akhir pekan dan hari raya adalah layanan yang diberikan diler Hino kepada pelanggan yang mengalami masalah di perjalanan ataupun yang membutuhkan perbaikan di waktu Sabtu dan Minggu dan libur hari raya," beber After Sales Director HMSI, Irwan Supriyono.
***