Otomotif
·
22 Februari 2021 15:08

Segini Biaya Bersihkan Interior Mobil yang Terendam Banjir

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Segini Biaya Bersihkan Interior Mobil yang Terendam Banjir (25462)
Ilustrasi Mobil Terendam Banjir Foto: Muhammad Ikbal/kumparan
Banjir besar yang terjadi di wilayah Jakarta dan sekitarnya sejak Jumat (19/2/2021), mengakibatkan sejumlah mobil harus terendam.
ADVERTISEMENT
Kondisi itu tentu sangat tidak mengenakkan. Karena sudah pasti pemilik mobil harus siap merogoh kocek cukup dalam untuk membersihkan dan memperbaiki mobil kembali.
Sebab, bila pembersihan dan perbaikan dilakukan sendiri tentu juga bukan hal yang mudah. Bahkan bila tidak paham, bisa saja akan membahayakan dan malah semakin merusak mobil itu sendiri.
Solusi terbaik memang adalah sesegera mungkin membawa mobil tersebut ke bengkel mobil atau tempat perawatan bodi dan interior mobil. Cara ini jelas jauh lebih aman dan praktis.
Segini Biaya Bersihkan Interior Mobil yang Terendam Banjir (25463)
Interior mobil yang rusak akibat banjir Foto: Muhammad Ikbal/kumparan
Salah satu tempat perawatan bodi dan interior mobil di kawasan Jakarta Selatan, yaitu Detailbox, saat ini menawarkan paket pembersihan interior mobil korban banjir.
“Betul, di sini memang bisa untuk pembongkaran dan pembersihan kabin mobil yang terendam banjir. Bisa melayani untuk segala merek dan jenis mobil,” jelas Galih, pemilik Detailbox kepada kumparan.
ADVERTISEMENT
Adapun proses pembersihan yang akan dilakukan Detailbox meliputi pencucian bodi mobil, pembersihan interior yang terdiri dari jok, dashboard, plafon, dan karpet dasar. Seluruh bagian tersebut, nantinya akan dibongkar untuk dibersihkan secara menyeluruh dengan alat dan cairan pembersih khusus.
Segini Biaya Bersihkan Interior Mobil yang Terendam Banjir (25464)
Proses pembersihan mobil terendam banjir di Detailbox. Foto: dok. Detailbox
Proses pengerjaannya, kata Galih, akan memakan waktu berkisar 4 hari hingga 14 hari. Tergantung pada kondisi rendaman banjir dan jenis mobil itu sendiri.
Karena itu, Galih pun menyarankan agar para pemilik mobil sesegera mungkin membawa mobilnya untuk dibongkar dan dibersihkan. Sebab, semakin lama mobil didiamkan dan tidak segera dibersihkan, maka proses pembersihannya juga akan lebih sulit dan lama.
Tidak hanya itu, bila terlalu lama didiamkan juga bisa berpotensi merusak beberapa komponen interior mobil.
ADVERTISEMENT
“Kalau terlalu lama juga akan banyak yang rusak dan lapuk, seperti di bawah karpet. Belum lagi potensi karat di mobil pun juga jadi lebih besar,” beber Galih.
Segini Biaya Bersihkan Interior Mobil yang Terendam Banjir (25465)
Petugas mengangkut mobil yang sempat terendam banjir di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Minggu (21/2/2021). Foto: Sigid Kurniawan/ANTARA FOTO
Nah bagi Anda yang ingin menggunakan jasa pembersihan di Detailbox, maka siapkanlah budget berkisar Rp 3 juta hingga 6 juta. Biaya itu akan bergantung pada kondisi rendaman banjir, serta jenis dan ukuran mobil itu sendiri.
“Itu tapi hanya untuk pembersihan dan interior, ya. Karena kalau ada perbaikan itu akan dikenakan biaya tambahan lagi,” ucap Galih.
Bagi Anda yang mobilnya terendam banjir dan berminat melakukan pembersihan interior di Detailbox, maka bisa langsung menghubungi ke nomor 081291006200 atau kirim langsung mobil Anda dengan towing ke workshop Detailbox di Jalan MPR III Dalam, Cilandak, Jakarta Selatan.
ADVERTISEMENT
***