Otomotif
·
12 Maret 2021 7:18

Selain Avanza, Ini Kasus Recall Mobil Jepang Gara-gara Masalah Fuel Pump

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Selain Avanza, Ini Kasus Recall Mobil Jepang Gara-gara Masalah Fuel Pump (6186)
Ilustrasi fuel pump mobil. Foto: dok. Msel
Toyota Avanza menambah daftar panjang mobil di Indonesia yang terdampak recall fuel pump. Sebelum mobil sejuta umat, ada berbagai model Toyota yang terindikasi masalah malfungsi pompa bahan bakar.
ADVERTISEMENT
Pabrikan telah mengumumkan kampanye recall tersebut, yang dilakukan secara global sejak tahun lalu, termasuk di Indonesia terhadap 6 model. Tak cuma Toyota, merek lain juga melaporkan hal yang sama, dan mewajibkan kendaraan terdampak segera diperbaiki.
Selain Avanza, Ini Kasus Recall Mobil Jepang Gara-gara Masalah Fuel Pump (6187)
Toyota Avanza. Foto: dok. Toyota
Sedikitnya ada belasan model mobil di Indonesia yang kena recall fuel pump. Sebagai pengingat informasi, berikut ini daftarnya yang kumparan kompilasi selama setahun terakhir.

Daihatsu

Paling terbaru pada 13 Agustus 2020 lalu, ada Daihatsu Sirion yang terdampak recall pompa bahan bakar. Informasi berawal dari kampanye recall untuk Perodua Myvi, kembaran Sirion di Malaysia.
Selain Avanza, Ini Kasus Recall Mobil Jepang Gara-gara Masalah Fuel Pump (6188)
Daihatsu Sirion 2020 Foto: Astra Daihatsu Motor
Saat dikonfirmasi, Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra lebih ingin mengatakan recall tersebut sebagai jaminan garansi. Sebab tidak ada laporan konsumen di Indonesia atas kerusakan komponen pompa bahan bakar.
ADVERTISEMENT

Toyota

Masih di bulan yang sama, pada 2 Agustus 2020 Toyota menggelar kampanye recall sesuai arahan prinsipal di Jepang. Sedikitnya 6 model yang dijual di Indonesia terindikasi masalah fuel pump, meliputi:
1. Toyota Alphard produksi tahun 2017 hingga 2018
2. Toyota Corolla produksi tahun 2018
3. Toyota FJ Cruiser produksi tahun 2013 hingga 2014
4. Toyota Kijang Innova produksi tahun 2017 hingga 2019
5. Toyota Fortuner produksi tahun 2017 hingga 2019
6. Toyota Hilux produksi tahun 2017 hingga 2019
Daftar mobil Toyota yang di-recall akan bertambah dengan Avanza. Pengumuman resminya direncanakan dilakukan 18 Maret 2021 mendatang, bersamaan update informasi dari Daihatsu sebagai produsen Avanza dan Xenia.
Selain Avanza, Ini Kasus Recall Mobil Jepang Gara-gara Masalah Fuel Pump (6189)
Toyota Avanza bekas di Mobil88. Foto: Muhammad Ikbal/kumparan

Honda

Honda juga tak luput dari masalah komponen fuel pump. Tercatat pada 15 Juli 2020, Honda Indonesia menginformasikan 85.025 unit harus diperiksa atau diganti pompa bahan bakarnya.
ADVERTISEMENT
Total ada 9 model yang dilaporkan, mencakup Honda Accord, Brio, BR-V, City, Civic, CR-V, HR-V, Mobilio, dan Jazz. Klasifikasinya unit yang diproduksi 2017 hingga 2019.
Selain Avanza, Ini Kasus Recall Mobil Jepang Gara-gara Masalah Fuel Pump (6190)
Honda BR-V E CVT. Foto: Bagas Putra Riyadhana
Semua pabrikan menjamin perbaikan dan penggantian komponen dilakukan secara gratis. Estimasinya memakan waktu 2 jam tergantung antrean.
Segera cek kondisi kendaraan Anda ke bengkel resmi terdekat. Bila diabaikan dapat mengakibatkan mesin mati mendadak jika sedang berjalan, atau susah dinyalakan dalam keadaan parkir karena asupan bahan bakar terganggu.