Otomotif
·
3 September 2020 12:43

Sepeda Motor Anti Jatuh Milik Yamaha, Begini Wujudnya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Sepeda Motor Anti Jatuh Milik Yamaha, Begini Wujudnya (309152)
Perkiraan motor anti jatuh dari Yamaha Foto: Visordown
Produsen roda dua asal Jepang, Yamaha dikabarkan sedang mempersiapkan sepeda motor yang punya kemampuan tak bisa jatuh. Informasi ini terungkap ketika Yamaha sedang mempresentasikan produk baru mereka Tricity 300 di Jepang belum lama ini.
ADVERTISEMENT
Melansir Rideapart, GM Motorcycle Business Operations Yamaha mengatakan, kemungkinan besar motor tersebut akan diluncurkan pada 2030.
Ide menciptakan motor yang punya kemampuan tak bisa jatuh diambil dari motor roda tiga Yamaha, yakni Trictiy dan Niken. Pada kedua motor tersebut dibenamkan teknologi Leaning Multi-Wheel.
Sepeda Motor Anti Jatuh Milik Yamaha, Begini Wujudnya (309153)
Motor Masa Depan Yamaha Niken di IMOS 2018 Foto: Aditya Niagara/kumparan
Fitur tersebut memiliki kelebihan mulai dari peningkatan aspek keselamatan berkendara hingga menyajikan pengendalian yang lebih baik.
Sejauh ini Yamaha belum mengungkap nama teknologi apa yang akan disematkan pada motor konsepnya itu. Tapi besar kemungkinan beberapa ide akan mengambil basis dari MOTOROit dan Motobot pada Yamaha R1 yang juga memiliki kemampuan otonom di lintasan sirkuit.

Tak cuma Yamaha yang mengembangkan

Sepeda Motor Anti Jatuh Milik Yamaha, Begini Wujudnya (309154)
Yamaha R1-M otonom Foto: Visordown
Yamaha bukanlah pabrikan pertama yang menyelidiki teknologi ini. Sebelumnya Honda telah mengembangkan sistem Riding Assist-E, yang erfungsi menjaga motor tetap tegak pada kecepatan rendah atau saat berhenti.
ADVERTISEMENT
Sementara BMW telah menguji sesuatu yang serupa. Bahkan perusahaan aftermarket seperti Tilting Motor Works telah ikut serta dalam penelitian tersebut.
Sepeda Motor Anti Jatuh Milik Yamaha, Begini Wujudnya (309155)
Tampilan depan Yamaha XT500 H20 Foto: RideApart
Yamaha jadi salah satu perusahaan yang cukup agresif dalam pengembangan teknologi kendaraan masa depan. Sebelumnya garpu tala juga sedang mempersiapkan XT500 H20, sepeda motor yang mampu menenggak air sebagai bahan bakar.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)