Sepeda Motor Penyumbang Angka Kecelakaan Tertinggi di Indonesia

11 Juli 2024 17:00 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi kecelakaan motor. Foto: osobystist/Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi kecelakaan motor. Foto: osobystist/Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Angka kecelakaan di Indonesia masih tergolong tinggi. Kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya keselamatan berkendara membuat cara berkendara yang tidak sesuai dengan aturan.
ADVERTISEMENT
Kasubdit Laka Ditgakum Korlantas Polri Kombes Pol Hotman memaparkan, berdasarkan data Integrated Road Safety Management System (IRSMS) Korlantas Polri tahun 2023 ada 199.586 kasus kecelakaan yang melibatkan sepeda motor.
Hotman juga menjelaskan, jumlah kecelakaan juga terus meningkat. Rinciannya korban luka ringan 163.686 orang, luka berat 13.230 orang meninggal dunia 27.531 orang.
“Perlu kami sampaikan dengan kata seperti ini satu hari, range satu jam kurang lebih tiga korban manusia meninggal dunia karena kecelakaan. Tapi itu overall seluruhnya baik melibatkan roda dua maupun roda empat dan seterusnya,” ujarnya saat memberikan sambutan di kawasan Bekasi, beberapa waktu lalu.
Berdasarkan data tersebut, kendaraan roda dua yang paling mendominasi dalam menyumbang angka kecelakaan.
Ilustrasi kecelakaan motor. Foto: Sofirinaja/Getty Images
“Saya sampaikan kendaraan roda dua yang terlibat dalam satu hari itu ada 543 kendaraan. Satu jamnya ada 23 kendaraan yang terlibat kecelakaan,” pungkasnya.
ADVERTISEMENT
Lebih lanjut Hotman menjelaskan, dalam satu hari ada 64 korban manusia meninggal dunia yang melibatkan kendaraan roda dua. Kecelakaan tersebut baik sebagai pelaku atau korban.
“Kecelakaan tersebut baik antara roda dua kontra dengan roda dua juga. Selain itu roda dua kontra dengan roda empat, berdasarkan datanya seperti itu,” katanya.