kumparan
5 Februari 2020 7:00

Sepi Peminat, AHM Pertimbangkan Setop Jual Skutik Honda SH150i

Honda SH150i
Honda SH150i Foto: dok. AHM
PT Astra Honda Motor (AHM) sedang mempertimbangkan kelanjutan eksistensi SH150i di Indonesia. Menurut pabrikan, bukan tidak mungkin bila motor matik 150 cc tersebut dihentikan penjualannya tahun ini.
ADVERTISEMENT
"Kami masih melihat kalau ada permintaan dari customer akan kami penuhi, kami akan sesuaikan dengan demand (setop penjualannya bila tidak ada permintaan dari konsumen)," ujar Direktur Pemasaran PT AHM Thomas Wijaya usai peluncuran Repsol Honda Team, di Jakarta, Selasa (4/2).
Otomotif, sepeda motor, Honda SH150i, motor baru
Honda SH150i terbaru 2019. Foto: Istimewa
Thomas juga tak menampik bila penjualannya sejak dua tahun terakhir mengalami penurunan, meski tidak merinci angkanya.
Padahal pada medio 2019, pabrikan sayap mengepak ini coba menyegarkan SH150i dengan penyematan warna baru. Maklum sejak meluncur 2017 lalu, motor belum mendapat rombakan.
Otomotif, sepeda motor, Honda SH150i, motor baru
Honda SH150i terbaru 2019. Foto: Istimewa
Hanya saja dewi fortuna berkata lain, SH150i tetap susah dilirik konsumen Tanah Air.
"Turun, peminatnya turun. Enggak terlalu banyak peminatnya," sambungnya.
Honda SH150i
Honda SH150i Foto: dok. AHM
Thomas menilai, lagi-lagi karena rupa dan desain keseluruhan yang membuat motor kurang diminati. Dikatakannya, skutik premium bernuansa Eropa itu pada awalnya untuk mengakomodasi konsumen Honda yang mau naik kelas, katakanlah usai memiliki PCX.
ADVERTISEMENT
"Waktu itu kami mencoba, seolah-olah elegan dengan motor Eropa, cuma memang market Indonesia untuk segmen itu masih belum besar, masih sangat kecil lah," tambahnya.
Konsumennya saat ini jelas Thomas pun abu-abu. Sulit mendefinisikan profil si pembeli SH150i tersebut.
"Saat ini lebih kepada orang orang yang premium sih, yang mau coba desain baru banget, ibaratnya mau tampil Eropa banget," katanya.
Otomotif, sepeda motor, Honda SH150i, motor baru
Honda SH150i terbaru 2019. Foto: Istimewa
Bicara spesifikasi dan fitur, Honda SH150i sebenarnya cukup lengkap dan modern. Sebut saja lampu utama LED, keyless, Idling Stop System (ISS), power charger, rem ABS, dan kapasitas bagasi 7,5 liter yang didesain muat helm full face.
Sementara dari jantung mekanis, ada kemiripan dengan mesin PCX sebelum versi all new lahir. Berkapasitas 153 cc, berpendingin cairan SOHC yang memproduksi tenaga 14,6 dk di 8.250 rpm dan torsi maksimum 13,9 Nm di putaran 6.500 rpm.
ADVERTISEMENT
Honda SH150i yang notabene masih didatangkan dari Vietnam ini masih dijual dengan harga Rp 41,9 juta. Pilihan warnanya meliputi Candy Luster Red, Poseidon Black Metallic, Pearl Jasmine White, dan yang terbaru Mat Galaxy Black Metallic.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan