Otomotif
·
16 November 2020 9:50

Sering Terlewat, Ini Pentingnya Kuras Tangki BBM Sepeda Motor

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Sering Terlewat, Ini Pentingnya Kuras Tangki BBM Sepeda Motor (656323)
Desain tangki BBM Kawasaki Ninja ZX-25R. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Pemilik kendaraan tak terkecuali sepeda motor, penting untuk melakukan servis berkala untuk menjaga performa.
ADVERTISEMENT
Namun, dari berbagai komponen yang sering dilakukan pengecekan ada satu bagian yang sering luput dari perhatian. Ya, itu adalah menguras tangki bahan bakar minyak (BBM).
Sering Terlewat, Ini Pentingnya Kuras Tangki BBM Sepeda Motor (656324)
Tutup tangki bensin all new Yamaha Aerox. Foto: Bangkit Jaya/kumparan
Senior Technical Advisor PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Slamet Kasianom menyebutkan, menguras tangki BBM memang tak dianjurkan setiap kali melakukan servis berkala.
Namun, seiring pemakaian, hal ini wajib dilakukan untuk menghindari gangguan suplai BBM yang bisa menurunkan performa kendaraan.
"Menguras tangki BBM paling dianjurkan untuk motor yang sudah berumur dan untuk motor yang jarang digunakan. Karena dalam kondisi ini bensin tidak bersirkulasi," kata Slamet saat dihubungi kumparan, Sabtu (14/11).
Sering Terlewat, Ini Pentingnya Kuras Tangki BBM Sepeda Motor (656325)
Ilustrasi fuel pump motor injeksi. Foto: dok. Istimewa
Ketika bensin tidak bersirkulasi akan berdampak pada kinerja fuel pump yang akhirnya akan menurunkan performa sepeda motor.
ADVERTISEMENT
"Fuel pump ini kan ada semacam filter. Jadi ketika bensin kotor, kotoran itu akan mengendap dan efeknya motor sulit nyala, brebet, dan tarikan terasa berat," tambah dia.
Sering Terlewat, Ini Pentingnya Kuras Tangki BBM Sepeda Motor (656326)
Petugas mengisi BBM jenis Pertamax di SPBU. Foto: Puti Cinintya Arie Safitri/ kumparan
Maka dari itu, tujuan utama menguras tangki bahan bakar adalah untuk memaksimalkan sirkulasi bahan bakar dan sistem kerja fuel pump.
"Yang jelas untuk mengeluarkan kotoran yang bisa saja timbul di tangki. Apalagi itu motor yang jarang isi bensin sampai penuh, akan terjadi penguapan yang bisa bikin kualitas anti karat pada tangki menurun," pungkasnya.
Seperti yang sudah dijelaskan di awal tadi, ketika kotoran seperti karat dan yang lainnya terhisap oleh injektor, motor pastinya akan sulit dinyalakan.

Biaya kuras tangki BBM

Sering Terlewat, Ini Pentingnya Kuras Tangki BBM Sepeda Motor (656327)
Perawatan 4 Tahun Yamaha NMax Foto: Dok. Bangkit Jaya Putra/kumparanOTO
Menyoal harga jasa untuk melakukan kuras tangki bahan bakar punya perbedaan untuk tiap jenis motornya.
ADVERTISEMENT
Slamet bilang, di bengkel resmi biasanya kuras tangki bahan sudah termasuk dalam pengerjaan paketan. Maksudnya tak hanya menguras tangki BBM saja, tapi membersihkan semua yang berurusan dengan jalur atau suplai bahan bakar.
"Ini akan masuk dalam paket servis injeksi. Salah satunya menguras tangki BBM, bersihkan injektor, ruang bakar ," pungkasnya.
Untuk motor matik dikenakan jasa Rp 140 ribu sementara untuk motor sport dengan tangki yang lebih di harga Rp 160 ribu.
"Sebaiknya memang ketika menguras tangki BBM, komponen lain juga harus dibersihkan agar lebih maksimal. Untuk pengerjaannya sekitar 1 jam," jelas Slamet.