kumparan
search-gray
Otomotif24 Juli 2020 19:40

Setelah Disuntik Mati, Mobil Ini Jadi Primadona di Pasar Mobkas

Konten Redaksi kumparan
Setelah Disuntik Mati, Mobil Ini Jadi Primadona di Pasar Mobkas (43019)
Toyota Kijang Kapsul Berodometer 25 Ribu. Foto: dok Freundwagen
Beberapa mobil di Indonesia yang telah disuntik mati kini menjadi incaran di bursa mobil bekas. Model dan tahun produksinya bermacam-macam.
ADVERTISEMENT
Ada yang cenderung masih muda, ada pula yang sudah berumur. Kebanyakan pembelinya beranggapan ingin merasakan kenyamanan mobil-mobil yang dimaksud. Tak sedikit juga yang sengaja mengincar karena unitnya terbatas.
Belum lagi rata-rata mengincarnya karena punya dimensi yang memungkinkan punya daya angkut 7-penumpang dewasa, kemudian harganya juga masuk di kantong kisaran Rp 150 juta ke bawah. Sehingga bisa jadi alternatif atas banyaknya model yang tersedia di bursa mobil bekas selama pandemi.
Setelah Disuntik Mati, Mobil Ini Jadi Primadona di Pasar Mobkas (43020)
Tampilan samping Suzuki Carry Futura. Foto: dok. Taufik Feby

Ragam mobil primadona yang sudah disuntik mati di bursa mobkas

Berikut daftar mobilnya seperti diutarakan Manager Pemasaran Senior Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih kepada kumparan.
Honda Freed
Model pertama adalah Honda Freed, MPV yang tersedia di pasar sejak 2009 sampai 2016. Mobil ini masih banyak peminatnya karena memang lebih dulu hadir di Indonesia ketimbang Sienta, sehingga punya kans yang lebih banyak.
ADVERTISEMENT
"Freed itu stabil harganya, pesaingnya terdekat kan cuma Sienta. Secara performa mesin katanya enakan Freed dan lagi bentuknya pada suka Freed, kabin lebih lega, makanya nih harganya bertahan," jelas Her, sapaan akrabnya saat dihubungi kumparan, Kamis (23/7).
Setelah Disuntik Mati, Mobil Ini Jadi Primadona di Pasar Mobkas (43021)
Honda Freed di pasar mobil bekas. Foto: dok. WTCM2
Tambah Her, dominasinya mencari model lansiran 2013 sampai 2015 yang sudah memiliki double blower dan wajah yang lebih kekinian. Harganya pun bertengger di Rp 150 jutaan. Beruntung jika Anda mendapatkan unit di kisaran Rp 130 jutaan.
Suzuki Carry Minibus
Tak kalah menarik, Suzuki Carry versi minibus juga ternyata banyak diburu. Ujar Her, mobil tersebut salah satu incaran selama pandemi ini karena daya angkutnya yang banyak, minimal bisa muat 7-penumpang sekaligus.
"Carry lama itu masih laku, barunya kan enggak ada. Itu kan gila, mobilnya tua tapi masih banyak yang cari. Makanya yang kayak 7-seater tuh sekarang laris, karena kalau mau kerja bisa sekalian bareng teman atau tetangga kan daripada naik umum lagi corona begini," jelasnya.
Setelah Disuntik Mati, Mobil Ini Jadi Primadona di Pasar Mobkas (43022)
Tampilan depan mobil Suzuki Carry Futura. Foto: dok. Taufik Feby
Suzuki Carry yang dimaksud merupakan tipe Grand Real Van (GRV) tahun produksi 2000-an dan sudah menganut sistem pengabutan injeksi. Kelebihan lainnya berupa AC double blower dan semua joknya menghadap ke depan. Harganya bertahan di angka Rp 50 jutaan.
ADVERTISEMENT
Sekilas Carry minibus yang dimaksud adalah mobil yang dibuat pada 1991 sampai 2019. Sebelum versi penyegaran tampilan dan mesin yang mengikuti aturan emisi lahir pada April 2019.
Toyota Kijang Kapsul
Model lainnya yang juga ternyata laris manis di sentra mobil bekas adalah Toyota Kijang Kapsul 2000-an. Motif pembelinya ucap Her serupa dengan Carry, muat banyak, serta mesin injeksi yang terkenal bandel dan bertenaga.
Setelah Disuntik Mati, Mobil Ini Jadi Primadona di Pasar Mobkas (43023)
Mobil Toyota Kijang Kapsul Berodometer 25 Ribu. Foto: dok Freundwagen
"Wah ini ajaib juga ini Kijang Kapsul. Banyak lah yang beli, biasanya ngincer mesin apalagi yang Diesel. Itu harganya masih Rp 80 sampai 100 juta ada ada yang beli, ibaratnya baru ada seminggu langsung hilang (terjual)," jelasnya.
Toyota Kijang Kapsul merupakan versi pembaruan dari Kijang kotak. Bentuknya revolusioner dan beraerodinamika yang diproduksi pada rentan tahun 1997 sampai 2004.
ADVERTISEMENT
Variannya terbilang banyak, seperti SX, SSX, SGX, LX, LSX, LGX, juga Krista dengan ciri khas tambahan over fender dan warna bodi dua warna.
Suzuki Ertiga Diesel
Terakhir Suzuki Ertiga Diesel juga salah satu mobil yang sudah disuntik matik tapi malah banyak yang mencarinya. Model ini juga boleh dibilang mobil bermesin Diesel paling terjangkau dengan tahun muda.
Bagaimana tidak, Ertiga Diesel cuma didatangkan dari India pada 2017 serta tiga bulan awal 2018. Selebihnya di tahun berikutnya tinggal penghabisan stok unit. Klaim pabrikan karena peminatnya sedikit, sehingga keputusannya mobil tersebut harus dilakukan suntik mati. Maka dari itu jumlah unit bekasnya terbatas.
Setelah Disuntik Mati, Mobil Ini Jadi Primadona di Pasar Mobkas (43024)
Mobil Suzuki Ertiga Diesel Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
"Iya Ertiga Diesel banyak yang cari cuma sekennya kan susah. Orang beli mobil Diesel kan kebanyakan pemakaian lama, apalagi termasuk barang baru lah 2017, sekarang susah tapi yang cari banyak," pungkas her.
ADVERTISEMENT
Mengacu laman jual beli maupun daftar mobkas di Mangga Dua, Ertiga Diesel bekas dengan sistem (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki) harganya berkisar dari Rp 135 sampai 165 juta.
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white