Otomotif
·
3 Juli 2020 18:40

Siapa Penemu Klakson Kendaraan Bermotor?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Siapa Penemu Klakson Kendaraan Bermotor?  (52611)
Ilustrasi membunyikan klakson mobil Foto: dok. Shutter Stock
Peranti sederhana tapi vital keberadaannya pada kendaraan salah satunya adalah klakson. Fitur ini digunakan sebagai alat komunikasi antar sesama pengguna jalan, sekaligus isyarat penanda sesuatu.
ADVERTISEMENT
Tapi tahukah Anda, sejarah lahirnya komponen yang menghasilkan bunyi keras nan nyaring tersebut?
Siapa Penemu Klakson Kendaraan Bermotor?  (52612)
Saklar lampu utama, beam, sein, dan klakson. Foto: Bangkit Jaya Putra
Sejarah klakson diawali dari kebutuhan berkomunikasi antar sesama pengguna jalan termasuk pejalan kaki pada awal kehadiran kendaraan bermotor abad 19.
Mereka pun menggunakan apa pun yang bisa dijadikan sebagai isyarat, seperti lonceng, peluit, bendera, maupun bunyi-bunyi menggunakan tangan sebagai penanda peringatan atau hendak mendekat.
Siapa Penemu Klakson Kendaraan Bermotor?  (52613)
Awal mula kemunculan klakson pada sebuah mobil klasik dengan model bola karet untuk menggunakannya. Foto: dok. Cogapa
Hingga akhirnya muncul alat penghasil suara dengan model terompet yang bagian belakangnya terdapat bola karet. Nah bola karet itu kemudian dipencet untuk mengaliri udara bertekanan menuju semacam lapisan membran yang menghasilkan suara.
Siapa Penemu Klakson Kendaraan Bermotor?  (52614)
Klakson model terompet. Foto: dok. Getty Images
Barulah pada 1908, terciptalah komponen penghasil suara yang tidak lagi menggunakan bola karet, melainkan sudah memanfaatkan tenaga listrik, demikian seperti mengutip Cogapa.
ADVERTISEMENT
Adalah Miller Reese Hutchison, ilmuwan muda asuhan Thomas Alfa Edison yang menemukannya. Pada tahun yang sama Hutchison memantenkan produknya dengan sebutan Klaxon, diambil dari bahasa Yunani: Klaxo. Nah dari sinilah alat tersebut sampai sekarang lazim disebut klakson.
Siapa Penemu Klakson Kendaraan Bermotor?  (52615)
Awal mula kemunculan 'klaxon'. Foto: dok. Cogapa
Mekanisnya tak memerlukan bantuan aliran udara, melainkan pakai aliran listrik dan kumparan untuk menciptakan medan elektromagnetik.
Nah medan listrik tersebut lah yang menggetarkan sebuah diafragma berbahan besi di dalam satu komponen klakson, dan menghasilkan suara yang nyaring. Saat itu bunyinya memiliki ciri khas dengan pelafalan: 'Ahooga'.
Tapi di samping itu ragam alat penghasil bunyi pada kendaraan sebenarnya mulai bermunculan dengan merek seperti Sireno, Godin, dan Gabriel pada 1910.
Video
Namun eksistensi Klaxon lebih cemerlang karena kemudian menjadi peranti standar Ford Model T dan Model A pada 1920 juga 1930.
ADVERTISEMENT
Selepas tahun itu, inovasi klakson terus dilakukan, tapi basisnya tetap menggunakan prinsip kerja yang ditemukan Hutchison. Ini juga sejalan dengan pengembangan desain-desain mobil yang lebih ramping.
Siapa Penemu Klakson Kendaraan Bermotor?  (52616)
Awal mula kemunculan klakson dengan model bola karet untuk menggunakannya. Foto: dok. Cogapa
Car and Driver menginformasikan, lambat laun komponen ini dipasangkan pada model-model BMW, Chrysler, Fiat, Ford, General Motors, Honda, Mercedes-Benz, Porsche, Renault, Subaru, Volvo, dan lainnya.
Sampai akhirnya muncul nada khusus klakson, seperti bunyi kunci E dan C pada mobil keluaran tahun 60-an.
Siapa Penemu Klakson Kendaraan Bermotor?  (52617)
Ilustrasi membunyikan klakson mobil Foto: dok. Shutter Stock
Saat ini klakson yang beredar untuk mobil penumpang di pasaran umumnya memiliki dua model: piringan dan keong. Model pertama biasanya berbunyi nyaring dan bernada tinggi seperti 'tiiin', sedangkan kedua lebih rendah tapi cenderung 'bulat' suaranya seperti 'peeep'.
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona
ADVERTISEMENT
*****