Otomotif
·
20 Oktober 2020 19:25

Soal Sekolah Drift Milik Akbar Rais, dari Biaya sampai Cara Daftar

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Soal Sekolah Drift Milik Akbar Rais, dari Biaya sampai Cara Daftar (85279)
searchPerbesar
Sekolah drifting milik Akbar Rais. Foto: dok. Muhammad Ikbal
Pebalap drifter profesional, Akbar Rais, baru saja membuka sekolah drift pertamanya di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Berkolaborasi dengan pengusaha muda, Gilang Widya Pramana, hadirnya Juragan99XAR Drifting Academy ini diharapkan bisa jadi solusi atas kebutuhan regenerasi drifter muda di Indonesia, serta untuk memfasilitasi siapa saja yang berkeinginan belajar drifting.
"Pertama, gue merasa balap drifting ini perlu ada yang namanya regenerasi, mencari bibit-bibit baru yang mungkin selama ini tidak terlihat atau kurang terfasilitasi. Kedua, gue juga melihat sebenarnya tuh banyak banget masyarakat yang ingin mencoba belajar drifting, khususnya anak-anak muda, tapi lagi-lagi mereka terkendala biaya dan bingung harus belajar dari mana, dengan siapa, dan di mana," ujar Akbar Rais saat ditemui pada Sabtu (17/10).
Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui segala informasi terkait sekolah drifting milik Akbar Rais ini, berikut kumparan sajikan informasinya.
Soal Sekolah Drift Milik Akbar Rais, dari Biaya sampai Cara Daftar (85280)
searchPerbesar
Akbar Rais. Foto: dok. Muhammad Ikbal

Berapa biayanya?

Hal pertama yang mungkin jadi pertanyaan utama dan sering ditanyakan orang, yakni menyoal biaya pendaftarannya. Ya, biaya sekolah drift di Juragan99XAR Drifting Academy ini, sebenarnya terbilang cukup terjangkau, apalagi bila dibandingkan Anda harus belajar sendiri dan menyiapkan mobil drift sendiri.
ADVERTISEMENT
Terdapat 4 kelas yang bisa diikuti oleh setiap peserta di Juragan99XAR Drifting Academy ini. Untuk kelas pertama terdapat kelas Beginner yang dipatok harga Rp 3,5 juta saja.
Di kelas beginner ini, Anda akan mendapatkan pembelajaran teori teknik dasar, sesi latihan simulator, hingga sesi latihan di mobil asli dengan melakukan drifting membentuk donat dan angka 8.
Soal Sekolah Drift Milik Akbar Rais, dari Biaya sampai Cara Daftar (85281)
searchPerbesar
Latihan drift donat di Juragan99XAR Drifting Academy. Foto: dok. Muhammad Ikbal
Lalu bagi yang lulus kelas Beginner dan ingin lanjut ke kelas selanjutnya, terdapat kelas Intermediate. Biaya di kelas ini naik menjadi Rp 5 juta.
Masih sama seperti di kelas Beginner, di kelas Intermediate ini Anda akan mendapatkan pembelajaran teori, sesi simulator, dan sesi drifting di mobil asli dengan area drift yang lebih luas.
Soal Sekolah Drift Milik Akbar Rais, dari Biaya sampai Cara Daftar (85282)
searchPerbesar
Latihan drift di Juragan99XAR Drifting Academy. Foto: dok. Muhammad Ikbal/kumparan
Selanjutnya ada kelas Advance, biayanya juga sebesar Rp 5 juta, sama seperti kelas Intermediate. Apa yang didapatkan di kelas ini, juga tidak jauh berbeda seperti di kelas Intermediate, namun dengan tingkat kesulitan drifting yang lebih sulit.
ADVERTISEMENT
Terakhir ada kelas Pro, biayanya sedikit naik dari kelas sebelumnya, yakni menjadi Rp 6 juta. Kelas Pro ini juga jadi kelas terakhir bagi Anda yang bergabung di Juragan99XAR Drifting Academy.
Berbeda dari kelas-kelas sebelumnya, di kelas Pro ini Anda akan lebih banyak difokuskan latihan praktik di lintasan dengan menggunakan spesifikasi mobil kompetisi.
"Jadi di kelas Pro ini, peserta itu akan digembleng baik itu teknik atau mentalnya seperti saat balap beneran. Di sesi ini peserta juga akan dilatih tandem oleh pelatih," terang Akbar.
Soal Sekolah Drift Milik Akbar Rais, dari Biaya sampai Cara Daftar (85283)
searchPerbesar
Latihan drift di Juragan99XAR Drifting Academy. Foto: dok. Muhammad Ikbal/kumparan
Seluruh biaya tersebut, tentu saja hanya untuk satu kali kelas. Jadi bagi Anda yang tidak lulus pada kelas pertama, maka akan direkomendasikan untuk ulang mengikuti lagi kelas tersebut.
ADVERTISEMENT
"Setiap peserta juga enggak bisa langsung loncat ke kelas Intermediate, Advance, atau Pro. Harus lulus dahulu di kelas Beginner, dan itupun enggak mudah. Kalau gagal lulus, ya harus ulang lagi," ucap Akbar Rais.
Bila ditotal sejak kelas Beginner hingga kelas Pro, maka biaya yang harus dikeluarkan oleh seorang peserta untuk menjadi Pro drifter, yakni sebesar Rp 19,5 juta saja. Biaya itu sudah mencakup makan siang dan minum.
Soal Sekolah Drift Milik Akbar Rais, dari Biaya sampai Cara Daftar (85284)
searchPerbesar
Latihan drift di Juragan99XAR Drifting Academy. Foto: dok. Muhammad Ikbal/kumparan

Perlu punya mobil drift sendiri?

Bagi Anda yang bingung ingin daftar di Juragan99XAR Drifting Academy, namun tak punya mobil yang proper untuk drift, tak perlu khawatir.
Sebab, seluruh kegiatan belajar drift di sekolah ini akan menggunakan mobil drift yang telah disediakan. Jadi Anda hanya cukup mendaftar dan membayar uang biaya pendaftaran saja.
ADVERTISEMENT
Untuk mobil driftnya sendiri, Juragan99XAR Drifting Academy menyediakan 3 unit mobil, yang terdiri dari 2 unit BMW E36 spek standar untuk kelas Beginner hingga Intermediate, dan 1 unit BMW E46 dengan spek kompetisi untuk kelas Pro.
"Khusus yang BMW E46 itu juga spesial gue siapkan buat siapapun yang nanti lulus sampai kelas Pro dan gue nilai layak untuk bergabung di tim balap gue tahun depan untuk ikut kejuaraan," beber Akbar.
Soal Sekolah Drift Milik Akbar Rais, dari Biaya sampai Cara Daftar (85285)
searchPerbesar
Latihan drift di Juragan99XAR Drifting Academy. Foto: dok. Muhammad Ikbal/kumparan

Pelatihnya siapa saja?

Menyoal pelatihnya, di Juragan99XAR Drifting Academy ini ada 2 pelatih utama dan 2 pelatih pembantu. Untuk pelatih utama, tentu saja terdapat Akbar Rais serta drifter profesional lainnya, Danny Ferdito.
Sementara untuk 2 pelatih pembantu, terdapat Carlos Max dan Muhammad Fikri. Selain akan melatih di trek, pelatih - pelatih itu juga akan melatih Anda di simulator drift dan memberikan materi teknis saat kelas teori.
Soal Sekolah Drift Milik Akbar Rais, dari Biaya sampai Cara Daftar (85286)
searchPerbesar
Akbar Rais memberikan arahan di Juragan99XAR Drifting Academy. Foto: dok. Muhammad Ikbal/kumparan

Bagaimana cara mendaftarnya?

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk menjajal sekolah drifting ini, maka bisa langsung menghubungi Juragan99XAR Drifting Academy melalui email di juragan99xar@gmail.com, atau whatsapp ke nomor 082180883835.
ADVERTISEMENT

Apa saja persyaratannya?

Bicara soal persyaratannya, sebenarnya tidaklah rumit. Usia minimal yang diperkenankan untuk mendaftar di Juragan99XAR Drifting Academy ini minimal 15 tahun. Dengan syarat sudah melengkapi surat perizinan dari orang tua.
"Jadi selain harus dapat izin dulu dari orang tua, yang terpenting lagi harus bisa bawa manual dengan benar. Karena kami ini sekolah drift bukan sekolah mengemudi. Jadi kalau belum bisa bawa manual, mohon maaf tidak bisa," terang Akbar.
Selebihnya, lanjut Akbar, peserta juga harus dalam kondisi fit serta mematuhi protokol kesehatan.
Soal Sekolah Drift Milik Akbar Rais, dari Biaya sampai Cara Daftar (85287)
searchPerbesar
Latihan drift di Juragan99XAR Drifting Academy. Foto: dok. Muhammad Ikbal/kumparan

Di mana lokasinya?

Terakhir menyoal lokasinya, sekolah drift Akbar Rais ini berada di ruko Mendrisio, Gading Serpong, Tangerang. Serta untuk area latihan lapangannya, berada tak jauh dari situ, tepatnya di lapangan Edutown BSD, Tangerang.
ADVERTISEMENT
Bagaimana, Anda tertarik untuk mencobanya?
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)