Otomotif
·
24 Desember 2020 15:50

Solusi Murah Remote Keyless Motor yang Hilang

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Solusi Murah Remote Keyless Motor yang Hilang (173129)
Smart key all new Yamaha Aerox. Foto: Bangkit Jaya/kumparan
Beberapa sepeda motor keluaran 2018 sampai 2020 sudah mengusung kunci kontak model keyless. Sistem kunci ini bukan hanya lebih praktis tapi juga diklaim aman dari tindak pencurian.
ADVERTISEMENT
Tapi penggunaan keyless bukan tanpa masalah, selain bisa mati karena baterai habis, komponen remote juga bisa hilang. Nah, jika sudah hilang otomatis sepeda motor tak akan bisa dinyalakan.
Solusi Murah Remote Keyless Motor yang Hilang (173130)
Tampilan kunci keyless all new Yamaha NMax. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Lalu bagaimana jika kunci remote tersebut hilang? Jangan khawatir, pabrikan sudah mengantisipasi hal tersebut dengan memberikan nomor ID tag khusus untuk registrasi ulang ke diler.
Namun tak sedikit pemilik yang juga lupa menyimpan nomor ID keyless. Jika sudah begini, diler hanya bisa melakukan penggantian fullset dengan biaya rata-rata Rp 3 jutaan
Contoh kasus untuk Yamaha Aerox, jika remote dan tag ID hilang Anda perlu mengeluarkan kocek hingga Rp 3,359 juta belum termasuk ongkos pasang di diler resmi.
Solusi Murah Remote Keyless Motor yang Hilang (173131)
Ilustasi ECU,receiver, dan remote keyless. Foto: Abdul Majid
Unit yang harus diganti adalah komponen ECU, smart controller/receiver, dan remote baru. Tentu harga tersebut terbilang mahal.
ADVERTISEMENT
Nah sebagai solusi, Anda bisa memanfaatkan jasa bengkel rumahan. Seperti contohnya adalah Abdul Majid yang berdomisili di Surabaya, Jawa Timur.
Dia menawarkan alternatif murah membuat remote baru yang klaimnya aman dan fungsinya normal. Caranya adalah memprogram ulang atau mendaftar ID baru.
"Ini bisa dibilang pembacaan ID lama di receiver-nya atau mereset ulang. Untuk daftar remote baru SCU harus direset dan dimasukkan kode ID baru," kata Majid saat dihubungi kumparan, Rabu (23/12).
Solusi Murah Remote Keyless Motor yang Hilang (173132)
Ilustrasi pengerjaan registrasi ulang ID keyless. Foto: Abdul Majid
Nah, komponen yang wajib dilepas adalah ECU dan receiver untuk diprogram ulang. Jika sudah mendapat ID tag baru, Majid akan membeli remote original sesuai jenis motornya di diler.
"Nanti kita pasangkan dengan alatnya dan ada pembongkaran sedikit cuma enggak mengubah dari standarnya. Jadi saya pastikan aman," kata dia.
ADVERTISEMENT
Biasanya untuk konsumen di luar Surabaya mereka akan mengirim lewat kurir kedua komponen tadi. Pengerjaan untuk konsumen luar jangkauannya butuh waktu 1 hari saja.

Tak bisa sembarangan

Solusi Murah Remote Keyless Motor yang Hilang (173133)
Kunci keyless All New Yamaha NMax. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Mantan mekanik Yamaha ini mengatakan, untuk pembuatan ID baru konsumen harus mampu menunjukkan KTP beserta STNK motornya.
Hal ini ditempuh untuk menekan kemungkinan penyalahgunaan jasanya Jika sudah dapat persetujuan barulah proses pengerjaan bisa dilakukan.
"Saya menghindari penyalahgunaan, jadi harus dilengkapi dengan KTP, STNK, atau bisa juga rujukan dari diler masing-masing," ia menambahkan.
Solusi Murah Remote Keyless Motor yang Hilang (173134)
Keyless Suzuki Foto: dok. Supermoto8
Tak cuma produk Yamaha, Majid juga ternyata menyanggupi konsumen dari merek Honda dan Suzuki. Namun, harga yang dipatok berbeda-beda sesuai dengan kesulitan saat mengerjakan.
"Untuk Yamaha buat ID baru dan remote baru Rp 1,27 juta," kata dia.
ADVERTISEMENT
Artinya jika dikalkulasi dengan harga bengkel resmi, Anda bisa irit hingga Rp 2,089 juta. Bagi yang membutuhkan jasa Majid bisa menghubungi di nomor telepon 0812-3009-6032.