Otomotif
·
26 November 2020 14:59

Solusi Yamaha Gear 125 untuk Pemotor yang Doyan Bawa Barang Banyak di Deck

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Solusi Yamaha Gear 125 untuk Pemotor yang Doyan Bawa Barang Banyak di Deck  (337977)
Yamaha Gear 125 yang pakai foot rest di dek pijakan kaki. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Yamaha Gear 125 resmi melakoni debutnya pada Rabu (25/11). Motor ini disebut sebagai matik multiguna karena memiliki komponen berupa double hook dan juga foot step eksternal yang dipasangkan di deck tengah.
ADVERTISEMENT
Untuk aksesori tambahan foot step ini dijual terpisah oleh Yamaha. Nah fungsinya sebagai pijakan tambahan ketika deck tengah terisi penuh dengan barang bawaan.
Solusi Yamaha Gear 125 untuk Pemotor yang Doyan Bawa Barang Banyak di Deck  (337978)
Yamaha Gear 125 Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Namun, seberapa kuat dan aman piranti ini? Mengingat ketika foot step dibuka dan dipijak otomatis telapak kaki akan keluar dari bagian deck. Potensi tersambar dengan objek kendaraan lain bisa saja terjadi.
Yamaha menyebutkan untuk keamanan konsumen, mereka sudah memperhitungkan dengan teliti. Jadi, secara tidak langsung mereka mengeklaim aksesori ini aman untuk digunakan.
"Karena kalau kita melihat itu ada bahayanya kita enggak mungkin mengizinkan itu ada. Sama seperti inilah contohnya, kita naik matik apakah selalu kaki ada di dalam (deck), enggak juga kan," kata Manager Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Anton Widiantoro, saat ditemui di Jakarta, Selasa (25/11).
Solusi Yamaha Gear 125 untuk Pemotor yang Doyan Bawa Barang Banyak di Deck  (337979)
Foot step eksternal di dek Yamaha Gear 125. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Anton melanjutkan, foot step tambahan tersebut juga tidak bersifat fix, artinya bisa dilipat jika tidak gunakan. Dan jika konsumen merasa itu tidak butuhkan, Yamaha tak memaksa untuk membeli.
ADVERTISEMENT
"Makanya kita memberikan (ekstra foot step) itu sebagai opsi saja. Artinya kalau memang itu ingin dipakai silahkan, tapi misalnya enggak ingin dipakai, ya, silakan," jelasnya.

Cara pasang

Solusi Yamaha Gear 125 untuk Pemotor yang Doyan Bawa Barang Banyak di Deck  (337980)
Area pijakan kaki Yamaha Gear 125 Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Sayangnya Yamaha Indonesia belum menginformasikan harga resmi dari ekstra foot step tersebut. Anton mengatakan dalam waktu dekat mereka akan segera merilis harganya.
Menyoal cara pasang, sebenarnya cukup mudah. Jadi di bagian deck tengah paling depan terdapat sebuah sekrup baut.
Ketika pemilik ingin memasang foot step tambahan ini cukup membuka baut deck dan posisikan lubang plat foot step lalu kencangkan dengan baut. Ketika tidak ingin dipakai bisa dilepas dan pasangkan kembali baut deck-nya.
Solusi Yamaha Gear 125 untuk Pemotor yang Doyan Bawa Barang Banyak di Deck  (337981)
Yamaha Gear 125 Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Yamaha Gear 125 dihadirkan dalam 2 pilihan, pertama ada S Version yang dibanderol Rp 17,35 juta dan Rp 16,75 untuk varian termurah Standard Version. Keduanya sudah berstatus OTR Jakarta
ADVERTISEMENT
Rencananya motor ini baru akan dikirim ke garasi konsumen pada awal Desember 2020 mendatang.