Otomotif
·
9 Januari 2021 15:59

Spacebar, Motor Listrik yang Bisa Dilipat Garapan Katalis

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Spacebar, Motor Listrik yang Bisa Dilipat Garapan Katalis  (27770)
Tampilan samping Katalis Spacebar. Foto: Katalis Company
Studio desain dan branding yang berbasis di Jakarta, Katalis kembali merilis motor listrik bergaya nyentrik. Diberi nama Spacebar, motor berperawakan radikal ini bisa dilipat layaknya sepeda.
ADVERTISEMENT
Spacebar sendiri merupakan motor listrik ketiga yang dilansir Katalis. Kali ini mereka menggandeng brand clothing Kamengski dalam penggarapannya.
Head of Strategy dari Katalis, Joseph Sinaga menyebutkan bahwa skuter listrik ini diharapkan bisa membuka ruang yang sebelumnya belum bisa dijangkau orang yang mengendarainya.
"Ibaratnya mengetik menggunakan komputer atau laptop, cara untuk membuka ruang antar teks kan tentunya dengan menekan Spacebar atau tombol spasi. Nah, kami terinspirasi dari hal tersebut. Itu juga menjelaskan mengapa skuter ini berbentuk persegi panjang," kata Joseph lewat keterangan resmi yang diterima kumparan.
Spacebar, Motor Listrik yang Bisa Dilipat Garapan Katalis  (27771)
Tampilan depan Katalis Spacebar. Foto: Katalis Company
Secara desain, Spacebar masih terbilang mirip-mirip dengan Katalis EV500 dan EV100 TheArsenale Special Edition yang diperkenalkan lebih dulu. Di mana bentuk tubuhnya mayoritas mengotak dan kaku, tapi terlihat estetik.
ADVERTISEMENT
Lihat saja dari samping, ciri khas Katalis yang mengadopsi desain ala-ala pesawat tempur masih dipertahankan. Untuk menyesuaikan konsepnya kali ini, ada semacam rak tambahan pada bagian depan dan belakang.
Rancang tubuhnya mulai dari bodi depan, samping hingga belakang terbuat dari bahan aluminium. Desainnya dipercantik dengan aksen visual seperti decal, hingga warna jok coklat yang terlihat kontras.
"Spacebar kami desain khusus untuk anak muda yang menginginkan kelincahan dalam beraktivitas. Lalu melalui brainstorming dengan Said (nama asli Kamengski), kami bersama membuat konsep visual yang sesuai dengan selera Generasi-Z," ungkap Principal Architect dari Katalis, Julian Palapa.
Spacebar, Motor Listrik yang Bisa Dilipat Garapan Katalis  (27772)
Tampilan belakang Katalis Spacebar. Foto: Katalis Company
Said sendiri mengungkapkan, melalui Spacebar jadi ajang pembuktian bahwa projek kolaborasi lebih menyenangkan dibandingkan dengan kompetisi.
"Gua sendiri mau kolaborasi dengan Katalis karena mereka punya desain yang unik dan rekam jejak go international," ucap Said.
Spacebar, Motor Listrik yang Bisa Dilipat Garapan Katalis  (27773)
Tampilan depan Katalis Spacebar. Foto: Katalis Company
Belum ada informasi lebih lanjut apakah motor ini akan dijual secara umum atau terbatas. Namun, berkaca pada Katalis EV500, skutik listrik itu dijual terbatas.
ADVERTISEMENT
"Sifatnya seperti butik ya, kita sudah pegang data-data calon konsumen, nanti kita diskusi dengan mereka supaya kita bisa benar-benar tahu apa yang diinginkan oleh dia. Iya, mulai dari coloring, pemilihan bahan agar cocok dengan karakter dan taste si empunya," kata Joseph beberapa waktu lalu.
Spacebar, Motor Listrik yang Bisa Dilipat Garapan Katalis  (27774)
Tampilan depan Katalis Spacebar. Foto: Katalis Company
Sayangnya tak dijelaskan secara detail spesifikasi dari Spacebar. Dalam keterangan hanya dituliskan jika motor listrik itu berdaya 1.200 watt.
Bagaimana menurut kamu soal desain dan tampilan dari Spacebar, layak buat dipinang?