Otomotif
·
3 Maret 2021 6:51

Spesifikasi dan Fitur Moge Eksotis Milik Bupati Termuda di Indonesia

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Spesifikasi dan Fitur Moge Eksotis Milik Bupati Termuda di Indonesia (168933)
Bupati Kendal, Dico Ganinduto bersama istrinya. dok. instagram.com/dicoganinduto/
Dico Ganinduto jadi pemimpin daerah termuda di Indonesia setelah resmi menjabat sebagai Bupati Kendal, Jawa Tengah. Dari laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) pada 31 Agustus 2020 lalu, Dico punya satu unit motor gede (moge) yang cukup menarik perhatian.
ADVERTISEMENT
Politikus dari Partai Golkar ini memiliki superbike yang berasal dari Italia, MV Agusta F3 800. Unit yang ia miliki adalah rakitan 2014 dengan harga Rp 356 juta yang disebutkan hasil sendiri.
Spesifikasi dan Fitur Moge Eksotis Milik Bupati Termuda di Indonesia (168934)
MV Agusta F3 800. Foto: dok. Cycleword
MV Agusta F3 800 pertama kali meluncur di Indonesia pada 2013 lalu lewat distributor resmi PT Motor Arte Indonesia (sekarang PT Motor Varese Indonesia). Saat itu, banderol OTR nya tembus Rp 370 juta.
Kira-kira apa yang istimewa dari motor ini? kumparan akan coba informasikan secara lengkap menyoal spesifikasi dan fitur-fiturnya.

Spesifikasi MV Agusta F3 800

Mengutip Motorcyclespecs, MV Agusta F30 produksi 2014 dibekali mesin berkubikasi 798 cc, 4-tak, 3-silinder, DOHC, pendingin cairan, pengabut injeksi, yang per silindernya dibekali 4 klep.
ADVERTISEMENT
Diameter pistonnya adalah 79 mm dengan kombinasi langkah piston 54,3 mm, serta memiliki kompresi mesin sangat tinggi 13,3:1.
Di atas kertas, sportbike ini mampu memuntahkan tenaga maksimal 148 daya kuda pada putaran mesin 13 ribu rpm dan torsi puncak sampai 88 Nm di 10,6 ribu rpm. Output ganas itu disalurkan transmisi manual 6 percepatan dengan fitur kopling assist & slipper clutch.
Spesifikasi dan Fitur Moge Eksotis Milik Bupati Termuda di Indonesia (168935)
MV Agusta F3 800. Foto: dok. Cycleword
Adapun untuk rangkanya dibekali frame bertipe ALS steel tubular teralis dengan material full alumunium alloy. Suspensi depan menggunakan upside down besutan Marzocchi dengan ukuran 43 mm yang bisa mengatur rebound, kompresi dan setelan preload-nya.
Sementara untuk suspensi belakang menggunakan monoshock yang juga bisa diatur untuk kompresi dan kekerasannya. Nah, bagian lengan ayun dijelaskan menggunakan bahan alumunium yang terkenal rigid dan juga ringan.
ADVERTISEMENT
Bicara pengereman, motor ini dibekali dengan dual cakram floating berukuran 320 mm yang dijepit dengan kaliper 4 piston dari Brembo. Pengereman di belakang mengandalkan cakram tunggal dengan ukuran 220 mm dan kaliper 2 piston yang juga menggunakan vendor Brembo.

Fitur di MV Agusta F3 800

Spesifikasi dan Fitur Moge Eksotis Milik Bupati Termuda di Indonesia (168936)
MV Agusta F3 800. Foto: dok. Cycleword
Sebagai moge premium, motor ini terbilang canggih di zamannya. Beberapa fitur dan teknologi tinggi sudah dibekali untuk mendukung keasyikan berkendara.
Misalnya adalah pengaplikasian fitur Quick Shifter atau yang disebut pabrikan sebagai MV EAS (Electronically Assisted Shift). Quick Shifter ini memungkinkan pengendara mengganti gigi naik atau turun tanpa perlu menekan kopling.
Motor ini juga sudah mengusung tuas gas bertipe Ride By Wire. Jadi, ketika gas dipuntir, semua dibaca secara elektronik yang kemudian dikonversikan dari analog menjadi sinyal listrik menuju otak motor yakni ECU (Engine Control Unit).
ADVERTISEMENT
Sebagai motor kencang, MV Agusta f3 800 rakitan 2014 juga sudah dibekali dengan panel instrumen full digital. Di dalamnya menyertakan segala informasi penting dari kendaraan.
Spesifikasi dan Fitur Moge Eksotis Milik Bupati Termuda di Indonesia (168937)
MV Agusta f3 800. Foto: Total Motorcycle
Tak cuma itu, motor ini juga dilengkapi dengan power modes 4 pilihan yang bisa disesuaikan dengan keinginan pengendaranya. Sementara untuk fitur traction control, rider bisa memilih dalam 8 tingkatan berbeda.
MV Agusta F3 800 kepunyaan Dico ini juga sudah dipasangkan fitur ABS 2-Channel yang di-vendor langsung dari perusahaan asal Jerman, Bosch. Fitur ABS ini juga mendukung mode race atau balap.
Untuk pencahayaan, baik di depan, belakang, dan lampu sein sudah dibekali dengan teknologi LED. Semua spesifikasi mumpuni dan fitur canggih di motor ini juga didukung dengan bobot motor yang terbilang ringan untuk sebuah motor besar, yakni 173 kilogram saja.
Spesifikasi dan Fitur Moge Eksotis Milik Bupati Termuda di Indonesia (168938)
MV Agusta f3 800. Foto: Total Motorcycle
Di 2014, MV Agusta berival ketat dengan Ducati 848 Evo, dan Triumph Daytona. Nah, kabarnya generasi terbaru dari MV Agusta F3 800 akan segera meluncur dengan paket elektronik yang jauh lebih advanced.
ADVERTISEMENT
Informasi itu disampaikan langsung oleh CEO MV Agusta, Timur Sardarov. Kabarnya di generasi terbaru akan dilengkapi dengan fitur seperti multiple-axis IMU dengan cornering ABS. Selain itu, motor ini juga disinyalir akan memiliki konektivitas Bluetooth di panel instrumennya seperti pada kebanyakan motor-motor saat ini.