Otomotif
·
26 Mei 2021 17:01
·
waktu baca 1 menit

Sukses dengan Ninja ZX-25R, Kawasaki Siapkan Ninja ZX-4R untuk Indonesia?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Sukses dengan Ninja ZX-25R, Kawasaki Siapkan Ninja ZX-4R untuk Indonesia? (151328)
searchPerbesar
Tampilan depan Kawasaki Ninja ZX-25R. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Kawasaki Ninja ZX-25R atau Ninja 250 4-silinder sudah meluncur tahun lalu di Indonesia. Motor ini diterima positif dengan mengantongi angka penjualan tembus 5.000-an unit.
ADVERTISEMENT
Nah belum tepat 1 tahun dari waktu peluncurannya, ramai kabar jika pihak global Kawasaki tengah menyiapkan model yang lebih besar yakni Ninja ZX-4R.
Mengutip Young Machine di Jepang, sesuai nama motornya, ZX-4R akan mengemas mesin 400 cc, 4-silinder segaris. Tapi ini baru sebatas rumor, karena belum ada pernyataan resmi dari pihak Kawasaki Heavy Industries (KHI).
Namun jika isu ini benar terjadi, rasanya secara platform dan fitur akan mengemas seperti kepunyaan Ninja ZX-25R. Nah, kemungkinan akan dibekali fitur sebagai berikut:
  • Kawasaki Traction Control
  • Kawasaki Quick Shifter with Auto Blipper
  • Power Modes
  • Assist and Slipper Clutch
  • Air Ram System
  • Dan yang lainnya

Respons Kawasaki Indonesia

Sukses dengan Ninja ZX-25R, Kawasaki Siapkan Ninja ZX-4R untuk Indonesia? (151329)
searchPerbesar
Air ram dan tampilan muka Kawasaki Ninja ZX-25R. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Lalu bagaimana dengan pasar Indonesia, apakah Ninja ZX-4R memang diproyeksikan untuk konsumen Tanah Air? Head and Sales Promotion PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI), Michael C Tanadhi berikan komentarnya.
ADVERTISEMENT
"Ini kan baru rumor dan juga di Jepang. Belum tahu juga, secara isi silinder pun untuk pasar Indonesia kurang menguntungkan," kata dia.
Sebab, menurut Michael, sepeda motor di atas kubikasi mesin 250 cc akan memiliki banderol yang tinggi. Apalagi jika unitnya berstatus impor, harga jualnya akan makin mahal dan potensi tidak dilirik konsumen sangat besar.
Hingga saat ini belum ada juga kabar pasti soal spesifikasi yang akan diusung oleh Ninja ZX-4R termasuk kapan akan diluncurkan. Kita tunggu saja kabar selanjutnya.