kumparan
Otomotif14 Februari 2019 12:46

Suplai Suzuki Ignis dari India Masih Aman

Konten Redaksi kumparan
com-Tampak Depan New IGNIS Sport Edition
com-Tampak Depan New IGNIS Sport Edition Foto: Suzuki Indonesia
Maruti Suzuki India Limited (MSIL) memutuskan untuk menyudahi produksi Ignis. Hanya saja belum dapat dipastikan apakah secara keseluruhan atau beberapa jalur produksi saja yang dihentikan.
ADVERTISEMENT
Soalnya, Suzuki Indomobil Sales (SIS) pun mengonfirmasi masih mendapat jatah dan menjual Ignis yang didatangkan langsung dari India.
"Nah kami itu tidak mendapatkan update (jalur produksinya) berhenti sebelah mana, tapi suplai ke Indonesia aman, demand masih bagus, kadang-kadang ada kelemahan level supply jadi berkurang (distribusinya)," ungkap Section Head 4W Product Development PT SIS Harold Donnel, saat dihubungi kumparanOTO pada Rabu (13/2) malam.
com-Tampak Belakang New IGNIS Sport Edition
com-Tampak Belakang New IGNIS Sport Edition Foto: Suzuki Indonesia
Bila mengacu laporan Autocar, MSIL menyetop produksi Ignis karena persiapan pengembangan Ignis terbaru. Musababnya, Ignis kurang begitu dilirik di sana, sehingga pabrikan memutuskan untuk melakukan penyegaran biar sesuai selera konsumen domestik.
Penjualannya pun bertahan di bawah 5 ribuan unit. Seperti diwartakan Cardekho, setiap bulannya hanya keluar dari diler sebanyak 3 ribu hingga 4 ribuan unit. Beda dengan model Suzuki lainnya yang penjualannya menembus angka mendekati 10 ribuan unit.
ADVERTISEMENT
Tapi beda India beda Indonesia. Suzuki Ignis bahkan merajai segmen city car. Dari data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sepanjang tahun 2018, Suzuki mencatatkan 13.802 Ignis yang terdistribusi, sementara rivalnya, Honda Brio RS terkirim dari pabrikan sebanyak 12.351 unit.
Otomotif, mobil kota, city car, ignis, brio,
Wholesales city car Januari-Desember 2018 (diolah dari data Gaikindo). Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparanOTO
Lalu bagaimana dengan Ignis facelift untuk pasar Indonesia? Menjawab hal ini, Harold pun menjelaskan santai kalau Ignis facelift belum saatnya hadir di Tanah Air, kemungkinan besar model penyegaran tersebut hanya untuk di India.
"Paling untuk market domestik (India) ya, karena kan produk yang domestik dan ekspor itu beda, sesuai kebutuhan negara masing-masing, jadi apa facelift atau tidak, kami masih percaya diri dengan Ignis yang sekarang sampai saat ini," imbuhnya lagi.
Suzuki Ignis
Suzuki Ignis di GIIAS 2016 Foto: Gesit Prayogi/kumparan.com
SIS sebagai agen pemegang merek mobil Suzuki di Tanah Air menjual Ignis dengan beberapa varian. Mulai dari varian GL sebagai terendah, GL Sport Edition, hingga GX yang menjadi varian tertingginya.
ADVERTISEMENT
Mengenai harga, Ignis dibanderol dari Rp 157 juta sampai Rp 186 juta dengan status on the road (OTR) Jakarta.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan