Otomotif
·
8 Juni 2020 10:06

Suzuki akan Luncurkan Mobil Baru dan Harga Terjangkau?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Suzuki akan Luncurkan Mobil Baru dan Harga Terjangkau?  (118483)
Logo Suzuki di XL7 Foto: Bangkit Jaya Putra
Jelang masa new normal, Suzuki Indonesia menyiapkan siasat agar tetap bisa menarik pasar di tengah penetrasi pandemi virus corona. Pasar otomotif Indonesia memang menurun sejak terimbas wabah karena daya beli masyarakat lesu.
ADVERTISEMENT
"Beberapa langkah dilakukan seperti program pemasaran digital, program aftersales, dan program pembiayaan low DP," kata Head Product Development PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Harold Donel.
Harold melihat, saat kondisi new normal ada kecenderungan masyarakat lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi ketimbang transportasi umum, untuk menghindari kontaminasi virus.
Sementara perekonomian masih akan memasuki tahap pemulihan, sehingga masyarakat akan memilih kendaraan yang sesuai kondisi finansial.
Suzuki akan Luncurkan Mobil Baru dan Harga Terjangkau?  (118484)
Suzuki Karimun Wagon R GS Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Suzuki berencana menyiapkan produk baru yang menyasar segmen mobil murah, tapi untuk konsumen yang ingin tetap mementingkan kesehatan dengan memiliki kendaraan pribadi.
"Ada satu ceruk pasar yang berhubungan dengan masyarakat yang bisa dipenuhi. Suzuki akan isi ceruk tersebut dengan kendaraan yang sesuai dengan budget konsumen atau meluncurkan kendaraan yang terjangkau bagi konsumennya pasca pandemi," ujarnya.
ADVERTISEMENT
Terkait rencana peluncuran mobil baru tersebut, Harold menyebut tidak akan ada perubahan jadwal di tahun ini.
Jika melihat line-up mobil murah Suzuki saat ini, pilihannya tentu hanya terdapat pada model LCGC seperti Karimun Wagon R. Namun, Harold menyebut masih mempertimbangkan segmen yang akan diluncurkan.
"Mobil kompak tidak terlalu mahal dan terjangkau, dan ini waktu yang tepat untuk market Indonesia saat ini. Untuk segmennya masih dipertimbangkan, karena ada beberapa celah market yang masih dipelajari, mana yang lebih ideal untuk peluncuran model tersebut," tuturnya.
Suzuki akan Luncurkan Mobil Baru dan Harga Terjangkau?  (118485)
Suzuki Karimun Wagon R Foto: suzuki.co.id
Strategi yang dijalankan selama pandemi berhasil meningkatkan market share Suzuki sebesar 11,5 persen pada Januari hingga April 2020, dari periode yang sama tahun lalu.
Adapun, sepanjang Januari hingga April 2020 ini, Suzuki mampu membukukan angka penjualan mobil 28.125 unit, angka itu mengalami penurunan 11,31 persen bila dibandingkan periode yang sama di tahun lalu.
ADVERTISEMENT
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona
***
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.