Suzuki GSX-R 150 Bekas Tahun 2022 Rp 20 Jutaan, Harga Barunya Rp 34 Juta

28 November 2022 6:07 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Motor sport  Suzuki GSX-R 150 di pasar motor bekas. Foto: Rizki Fajar Novanto/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Motor sport Suzuki GSX-R 150 di pasar motor bekas. Foto: Rizki Fajar Novanto/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Motor sport masih jadi pilihan masyarakat untuk mobilitas sehari-hari. Meski pengoperasiannya tak semudah motor matik, ada gengsi tersendiri ketika mengendarainya. Umumnya, motor sport bekas tahun muda memiliki harga yang tak jauh berbeda dengan unit barunya.
ADVERTISEMENT
Berbeda dengan motor Suzuki GSX-R 150, harga bekasnya terpaut jauh dengan unit barunya. Ini diungkapkan oleh salah satu showroom motor bekas di kawasan Kalisari, Pasar Rebo, Jakarta Timur.
“Suzuki itu lumayan agak jauh dia jatuhnya. Misal, Suzuki GSX tuh yang GSX-R 150 tahun 2022 itu kan harga barunya sekitar Rp 34 jutaan, ya. Kita jual unit bekas di tahun yang sama itu cuma Rp 22 jutaan. Beda Rp 12 jutaan lah. Hampir semua tipe GSX jebloknya seperti itu,” kata Head Marketing Antara Motor Kalisari, Dwi Aryanto saat ditemui kumparan, (24/11).
Suzuki GSX-R150 dengan striping tim Suzuki Ecstar MotoGP. Foto: dok. Suzuki
Ia menjelaskan, jebloknya harga motor sport besutan Suzuki ini dikarenakan peminatnya yang tak terlalu banyak. Selain itu, jumlah bengkel resmi dan dilernya yang sedikit ikut mempengaruhi nilai jualnya.
ADVERTISEMENT
“Suzuki GSX ini kan stok di pasar bekasnya sedikit, peminatnya juga enggak banyak, harga pasti turun banget. Apalagi, Suzuki GSX ini kan penjualannya enggak sebanyak pabrikan lain kaya Yamaha dan Honda,” imbuhnya.
Motor sport Suzuki GSX-R 150 di pasar motor bekas. Foto: Rizki Fajar Novanto/kumparan
Di atas kertas, motor sport Suzuki GSX-R 150 dikemas dengan mesin 1-silinder DOHC, 4-katup berkubikasi 147,3 cc, berpendingin cairan dan berpengabut injeksi. Tenaga maksimum yang dihasilkan mencapai 18,9 dk pada 10.500 rpm dan torsi puncaknya 14 Nm di 9.000 rpm. Tenaga dan torsi yang besar itu dialirkan ke transmisi manual enam percepatan.
Kendaraan roda dua ini punya dimensi panjang 2.020 mm, lebar 700 mm, dan tinggi 1.075 mm. Jarak sumbu rodanya berkisar 1.300 mm. Bobotnya sendiri hanya 131 kilogram. Perpaduan inilah yang jadi nilai jual Suzuki GSX R-150.
ADVERTISEMENT
"Kebanyakan yang cari memang dari fans-nya Suzuki atau sudah paham dengan karakteristik motor Suzuki. Kalau awam biasanya enggak terlalu melirik," pungkasnya.