kumparan
22 Februari 2019 18:42

Suzuki Ignis Facelift Sudah Diproduksi, Apa Saja Ubahannya?

com-Tampak Depan New IGNIS Sport Edition
com-Tampak Depan New IGNIS Sport Edition Foto: Suzuki Indonesia
Maruti Suzuki India saat ini disibukkan dengan pengembangan penyegaran beberapa produknya. Setelah Wagon R, all new Ertiga, dan Baleno hatchback, pabrikan telah siap dengan Ignis facelift.
ADVERTISEMENT
Nah untuk yang terakhir ini rupanya sudah keluar dari jalur produksi. Sebuah gambar yang diwartakan Indianautosblog memperlihatkan, city car beremblem S besar tersebut --yang diduga Ignis facelift-- terparkir rapi di lapangan parkir pabrik Suzuki di sana.
Suzuki Ignis facelift
Bocoran Suzuki Ignis facelift Foto: dok. Indianautosblog
Tapi kalau dilihat secara keseluruhan, pasti akan ada tanda tanya besar, di mana letak facelift Suzuki Ignis ini?
Bentuk lampu utama sama, bumper masih mirip, grille juga serupa seperti model sebelumnya, buritan tidak berbeda, serta desain velg pun juga tak berubah.
Usut punya usut pabrikan hanya memberikan revisi yang tidak nampak mata alias penambahan pada fitur keamanan dan keselamatannya. Hal ini tidak terlepas dari pengaruh regulasi baru pemerintah India soal keselamatan lalu lintas yang akan diterapkan bulan Juli mendatang.
Suzuki Ignis facelift
Bocoran Suzuki Ignis facelift tampak samping Foto: dok. Indianautosblog
Jadi selain airbag, rem ABS, dan EBD, Suzuki facelift-facelift-an ini lengkap dengan beberapa fitur biar meningkatkan aspek keselamatan, seperti seatbelt reminder penumpang depan, kursi ISOFIX, door lock by speed sampai sistem peringatan kecepatan tinggi.
ADVERTISEMENT
Kendati demikian, ada tambahan lain berupa sistem audio baru seperti kepunyaan Suzuki Wagon R anyar yang punya julukan SmartPlay Studio System.
Selebihnya tidak ada ubahan pada jantung mekanisnya. Di balik kap mesinnya masih ada dapur pacu K12M yang punya kapasitas 1.197 cc yang menjanjikan tenaga 81 dk pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 113 Nm pada 4.200 rpm.
Suzuki Ignis facelift
Bocoran Suzuki Ignis facelift tampak belakang Foto: dok. Indianautosblog
Daya maksimumnya itu dipadukan pada transmisi manual 5-percepatan atau otomatis AGS (Automatic Gear Shift) dan disalurkan pada penggerak roda depan.
Bila tidak ada aral melintang, Suzuki Ignis dengan tambahan fitur keselamatan dan keamanan ini akan dikenalkan di India pada 25 Februari 2019 mendatang.
Lalu bagaimana dengan Suzuki Ignis untuk Indonesia? Section Head 4W Product Development PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Harold Donnel mengungkapkan masih menunggu kebijakan prinsipal, karena bisa jadi Ignis tersebut hanya untuk pasar India.
ADVERTISEMENT
"Paling untuk market domestik (India) ya, karena kan produk yang domestik dan ekspor itu beda, sesuai kebutuhan negara masing-masing, jadi apa facelift atau tidak, kami masih percaya diri dengan Ignis yang sekarang sampai saat ini," ujar Harold kepada kumparanOTO beberapa waktu lalu.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan