kumparan
24 Sep 2019 15:48 WIB

Suzuki Ignis Rally Look, Modifikasi Digital yang Jadi Kenyataan

Modifikasi Suzuki Ignis Rally Look Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Berawal dari modifikasi digital, Angga Auditama memantapkan pilihannya terhadap Suzuki Ignis sebagai teman berkendaranya sehari-hari.
ADVERTISEMENT
Ya, Angga yang kala itu di tahun 2017 sedang mencari sebuah mobil perkotaan, mendadak tertarik dengan nama Suzuki Ignis. Karakter desain yang kuat, ground clearance yang tinggi untuk sebuah mobil perkotaan, serta buritan yang cungkring, menjadi alasan ketertarikan Angga terhadap mobil ini.
“Pas saya pertama melihat mobil ini di internet, kok desainnya asyik ya, tarikan garis desainnya simple, ground clearance-nya juga tinggi, dan belakangnya itu unik,” cerita Angga kepada kumparan.
Modifikasi Suzuki Ignis Rally Look Foto: Muhammad Ikbal/kumparan
Karena rasa ketertarikannya itu, Angga pun mulai mencoba melakukan modifikasi digital terhadap Ignis melalui Photoshop. Tampilan foto Suzuki Ignis yang standar pun disulap oleh Angga menjadi bergaya rally look.
Modifikasi digitalnya pun terbilang sederhana, Angga hanya memasangkan pelek bergaya rally pada foto Suzuki Ignis tersebut. Meski hanya sekadar mengganti peleknya saja, tampilan yang dihasilkan dari olah digital tersebut, nyatanya sukses membuat Angga menjadi semakin kesengsem dengan Suzuki Ignis.
ADVERTISEMENT
Tidak heran, jika akhirnya Suzuki Ignis pun resmi terparkir di garasi rumahnya.
Modifikasi Suzuki Ignis Rally Look Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Modifikasi
Sehari setelah Suzuki Ignis tersebut terparkir di garasi rumahnya, tanpa berlama-lama Angga pun langsung memodifikasi tampilan eksteriornya.
Konsep modifikasi bergaya rally look, lantas menjadi pilihan utama Angga dalam memodifikasi Ignis tersebut. Ya, gaya modifikasi rally look memang sudah menjadi favorit Angga selama ini.
Tampilan samping Suzuki Ignis Rally Look Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Selain karena dirinya menyukai dunia balap rally sejak SMA, modifikasi bergaya rally look menurutnya juga simple dan tidak merepotkan.
“Kebetulan saya memang suka road trip, nah kalau rally look itu kan tidak merepotkan, ke luar kota juga masih enak,”beber Angga.
Ubahan yang pertama dilakukan oleh Angga, tentu saja mengganti pelek aslinya dengan pelek bergaya rally. Ya, maklum saja, pelek Compomotive TH1 tersebut, rupanya telah Angga siapkan jauh hari sebelum Ignis tersebut datang.
ADVERTISEMENT
“Jadi sebelum mobil itu datang, saya sudah hunting pelek dulu. Makanya pas begitu mobil datang, besoknya langsung saya ganti peleknya pakai pelek rally, Compomotive TH1,” jelas Angga.
Modifikasi Suzuki Ignis Rally Look Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Setelah melakukan penggantian pelek, tidak lupa Angga juga menyematkan mudflap pada Ignis-nya Menurut Angga, pelek dan mudflap adalah identitas wajib bagi mobil bergaya rally look.
Tidak hanya itu saja, kehadiran mudflap menurut Angga akan membantu mengisi kekosongan yang terdapat pada buritan Ignis.
Pelek Speedline Corse 2118 R16 pada Suzuki Ignis Rally Look Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Seolah belum puas dengan hanya mengganti pelek dan memasang mudflap. Modifikasi selanjutnya yang Angga lakukan adalah memasang dua lampu Hella pada bagian depan, dan lampu kabut bergaya rally di bagian belakang.
Lampu Hella pada Suzuki Ignis Rally Look Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
“Nah yang rear fog lamp itu awalnya saya mau yang model gantung, cuma kok kayaknya berat ya di bagasinya jadi beban gitu,” beber Angga.
ADVERTISEMENT
Karena keraguannya untuk memasang lampu kabut tambahan di bagian bagasi belakang, Angga pun mencoba memutar otak dengan mencari alternatif lain. Setelah melihat area yang kosong di bagian bemper belakang Ignis, Angga tertarik untuk menyematkan lampu JDM di area bemper belakang tersebut.
Modifikasi Suzuki Ignis Rally Look Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Sementara untuk bagian dalamnya, Angga memang tidak banyak melakukan modifikasi. Modifikasi yang dirinya lakukan hanyalah sebatas membenamkan jok Recaro milik Ignis generasi pertama, pada dua kursi depan.
Jok Ignis gen1 pada Suzuki Ignis Rally Look Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
“Jadi jok Recaro ini milik Ignis gen 1. Nah Ignis gen 1 yang sport versi 2 pintu itu standarnya memang sudah pakai jok Recaro,” jelas Angga.
Jok Ignis gen1 pada Suzuki Ignis Rally Look Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Sedangkan untuk sektor mesin, modifikasi yang Angga lakukan hanyalah sebatas mengganti sektor exhaust mulai dari header hingga muffler belakang. Selain itu Angga juga mengganti filter udara menjadi model replacement milik Baleno dari merek K&N.
Modifikasi Suzuki Ignis Rally Look Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Menyoal biaya modifikasinya tersebut, Angga mengungkapkan dirinya menghabiskan biaya sekitar Rp 36 juta. Dari angka Rp 36 juta tersebut, biaya terbesarnya adalah untuk penggantian pelek yang memiliki harga Rp 15 jutaan.
ADVERTISEMENT
Meski biaya modifikasi yang dikeluarkan bisa dibilang tidaklah sedikit. Namun, Angga mengaku sangat puas dengan tampilan Ignisnya saat ini.
Modifikasi Suzuki Ignis Rally Look Foto: Muhammad Ikbal/kumparan
Bahkan beber Angga, gaya modifikasi Ignis nya tersebut ternyata juga banyak dijiplak atau ditiru oleh pemilik Suzuki Ignis lainnya.
“Kalau yang meniru sih ada ya beberapa. Malah dulu pernah ada orang yang bikin modifnya itu benar-benar sama, bahkan sampai sticker livery-nya juga disamain,” ujar Angga.
Terkait rencana modifikasi ke depan, Angga mengaku belum terpikirkan untuk melakukan ubahan lain. Menurutnya, ubahan yang ada saat ini, sudah cukup untuk menemaninya beraktivitas sehari-hari dan melakukan road trip.
Terakhir, Angga hanya berharap agar mobil kesayangannya tersebut masih akan terus eksis dan selalu setia menemani dirinya melakukan road trip.
Modifikasi Suzuki Ignis Rally Look Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Spesifikasi modifikasi:
ADVERTISEMENT
  • Pelek Speedline Corse 2118 et38 lebar 6 R15
  • Ban Accelerra RA162 205/65 R15
  • Lampu Hella 500FF
  • Custom Rear Bumper Lamp Picanto
  • Rear Foglamp JDM
  • Mudflap Rally OMP
  • Dummy Bonnet Pin
  • Dummy Rally Air Scoop
  • Jok Recaro Ignis Sport Gen 1
  • Air Filter K&N
  • Knalpot Set (Header-Resonator-Muffler) by bengkel knalpot BMK Sporty
Gallery Photo:
Modifikasi Suzuki Ignis Foto: Istimewa
Modifikasi Suzuki Ignis Rally Look Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Tampilan depan Suzuki Ignis Rally Look Foto: Bangkit Jaya Putra
Tampilan depan Suzuki Ignis Rally Look Foto: Bangkit Jaya Putra
Suzuki Ignis Rally Look Foto: Bangkit Jaya Putra
Livery pada Suzuki Ignis Rally Look Foto: Bangkit Jaya Putra
Air scoop pada Suzuki Ignis Rally Look Foto: Bangkit Jaya Putra
Lampu kabut kuning pada Suzuki Ignis Rally Look Foto: Bangkit Jaya Putra
Pelek Speedline Corse 2118 R16 pada Suzuki Ignis Rally Look Foto: Bangkit Jaya Putra
Mesin pada Suzuki Ignis Rally Look Foto: Bangkit Jaya Putra
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan