kumparan
search-gray
Otomotif11 Maret 2019 8:29

Suzuki Indonesia Pastikan 'Ertiga Sport' Meluncur 22 Maret 2019

Konten Redaksi kumparan
Suzuki Sport Concept all new Ertiga
Suzuki Sport Concept all new Ertiga Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Kejutan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di awal-awal tahun ini, tak berhenti pada improvement pada interior Ertiga tipe GL dan GX saja, tapi bakal ada lagi varian baru, dengan tampilan sporty dan tampak lebih gahar. Menarik.
ADVERTISEMENT
Kabar ini sebelumnya sudah sampai ke redaksi kumparan dari sumber terpercaya, hanya saja ketika mengonfirmasi, PT SIS masih belum membuka keran informasinya. Beberapa tenaga penjual yang dihubungi, juga bahkan belum mengetahui perihal varian baru Ertiga Sport.
otomotif, Suzuki ertiga, mobil baru, LMPV
Ada varian Ertiga GS di situs Pajak dan Retribusi Daerah, pada informasi Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) tahun 2019. Foto: Istimewa
Penasaran, pencarian coba berlanjut dengan mengunjungi situs Pajak dan Retribusi Daerah, pada informasi Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) tahun 2019. Benar saja, ternyata Ertiga yang diwakili kode ARK415F memiliki varian baru GS, melengkapi tipe yang sudah ada di pasaran GA, GL dan GX.
Masih dari halaman NJKB, GS transmisi AT nilai jualnya (sebelum kena pajak/OTR) Rp 187.000.000, dan GS 4X2 MT di angka Rp 179.000.000. Bila melihat nilai jualnya, GS kemungkinan bakal menjadi varian paling tinggi dari Ertiga.
Otomotif, ertiga baru, suzuki, LMPV, ertiga sport
Tampang depan Ertiga Sport yang bakal meluncur 22 Maret 2019. Foto: Istimewa
Dan benar saja, berselang 24 hari setelah berita soal indikasi kedatangan Ertiga GS tayang di 14 Februari 2019, PT SIS melalui akun instagram resminya @suzuki_id mengunggah teaser Ertiga Sporty.
ADVERTISEMENT
Di dalam keterangan foto, Ertiga Sport bakal diluncurkan tak lama lagi atau pada 22 Maret 2019. Ertiga Sporty ini seolah menutup rangkaian penyegaran LMPV di kuartal pertama 2019.
Suzuki Sport Concept all new Ertiga
Suzuki Sport Concept all new Ertiga Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Suzuki hanya menampilkan siluet sisi depan Ertiga, dengan garis putih bercahaya membentuk karakter muka. Namun ada perbedaan bemper bawah yang guratan garisnya perlihatkan ada penyematan body kit anyar, mirip konsep Ertiga Sport yang ditampilkan pada GIIAS 2018 lalu.
Jadi buat yang penasaran tampang Ertiga Sport seperti apa, bisa coba memutar kembali memori di pameran otomotif kala itu. Pada bagian fascia tak hanya ada body kit baru, tapi desain front grille dan bumper grille, berdesain honeycomb sedikit lebih gepeng.
Menyeimbangkan sisi front end, bagian samping disematkan side skirt. Sementara buritan, ada sayap spoiler lebar disertai emblem Suzuki Sport. Lalu bumper belakang mendapat revisi yang inline dengan bagian depannya.
ADVERTISEMENT
Tak ketinggalan, lampu belakangnya ini juga terpasang stiker gelap yang tipis agar terlihat dark smoke seperti lampu utamanya. Namun apakah yang kali ini benar-benar serupa versi konsepnya kala itu? Kita tunggu saja.
Pastinya, versi Ertiga Sport kali ini hanya soal kosmetik saja, sedangkan jantung mekanisnya, bisa jadi masih mengandalkan versi eksisting, mesin 1.500 cc K15B yang bertenaga 102 dk pada 6.000 rpm dan torsi 138 Nm pada 4.400 rpm.
Suzuki Ertigia bergaya sport ini berarti menggantikan tipe GX-ESP yang sudah tak dipasarkan lagi. Bukan tidak mungkin, pada varian yang diindikasi punya nama GS (mengikuti nama di NJKB) atau Ertiga Sport Edition (mengikuti Ignis Sport Edition), akan disematkan fitur kekinian ESP (Electronic Stability Program).
ADVERTISEMENT
Penasaran ikuti terus update-nya di kumparanOTO.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white