Otomotif
·
10 Juni 2021 16:24
·
waktu baca 1 menit

Suzuki Indonesia Setop Operasional Pabrik Cakung, Pindah ke Tambun dan Cikarang

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Suzuki Indonesia Setop Operasional Pabrik Cakung, Pindah ke Tambun dan Cikarang (29615)
Logo Suzuki di XL7 Foto: Bangkit Jaya Putra
Suzuki Indonesia menutup fasilitas produksi Cakung Plant I. Pabrik yang beroperasi sejak 1975 ini diandalkan untuk menyuplai kebutuhan transmisi mesin mobil untuk produk roda empat serta dua Suzuki.
ADVERTISEMENT
Head of PR and Digital PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Rudiansyah, menjelaskan aktivitas produksi di Cakung Plant dipindah ke Tambun dan Cikarang.
"Pemindahan operasional pabrik ini juga sudah kami rencanakan jauh hari sebelum adanya pandemi COVID-19, jadi tidak ada hubungannya dengan penurunan pasar otomotif nasional," ucapnya kepada kumparan, Kamis (10/6).

Bagaimana nasib karyawan pabrik Suzuki Cakung?

Terkait pemindahan operasional pabrik Suzuki Cakung, Rudi memastikan tidak ada pemutusan hubungan kerja (PHK) karyawan pabrik Suzuki, sehubungan dengan relokasi ini.
"Semua karyawan yang dari pabrik Cakung ikut dipindahkan ke Tambun maupun Cikarang, tidak ada pengurangan karyawan," ucapnya.
Kini fasilitas pabrik Suzuki tersisa dua, Tambun (Plant I dan Plant II) dan Cikarang Plant.
Suzuki Indonesia Setop Operasional Pabrik Cakung, Pindah ke Tambun dan Cikarang (29616)
Pabrik Suzuki Cakung Plant setop operasional, dipindah ke Tambun dan Cikarang. Foto: Dok. Istimewa
Pabrik Suzuki Cikarang yang berada di kawasan Industri GIIC memiliki luas 1.307.519 m2. Diresmikan pada Mei 2015, pabrik Suzuki yang saat ini memproduksi Ertiga dan XL7 memiliki kapasitas 120.000 unit per tahun
ADVERTISEMENT
Sementara Tambun Plant I dihampar pada area seluas 124.000 m2 dan Tambun Plant II Luas 423.839 m2. Masing-masing punya kapasitas produksi 1,2 juta unit per tahun (motor) dan 120.000 unit per tahun (mobil).