Suzuki Jimny 5-pintu Terjual 1.263 Unit, Ini yang Membuatnya Begitu Dicari

2 Maret 2024 16:30 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Suzuki Jimny 5-pintu ditampilkan perdana di IIMS 2024, JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Kamis (15/2). Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Suzuki Jimny 5-pintu ditampilkan perdana di IIMS 2024, JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Kamis (15/2). Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Meski sempat diterpa dengan isu yang kurang sedap, nyatanya Suzuki Jimny 5-pintu tetap mampu memikat konsumen untuk membelinya. Total sudah ada ribuan lebih yang sebelum debut resminya pada 15 Februari lalu.
ADVERTISEMENT
Melalui siaran resmi PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), pabrikan berhasil membukukan angka pemesanan Jimny 5-pintu sebanyak 263 unit selama sebelas hari pameran IIMS 2024 kemarin. Masih ada tambahan 1.000 unit pesanan lainnya yang resmi dibuka dari 1 Januari-15 Februari lalu.
Euforia kemunculan Jimny dengan versi pintu lebih banyak ini sempat terganggu oleh kabar soal mark up harga dari oknum tenaga penjual Suzuki dibanding dengan yang dirilis resmi oleh PT SIS. Berikut detail varian dan harga resmi Suzuki Jimny 5-pintu.
Kendati demikian, 4W Marketing Director PT SIS Harold Donnel mengatakan, antusias terhadap Jimny 5-pintu masih terhitung tinggi. Ada beberapa alasan konsumen tetap mau membeli meski harus menunggu alias inden.
ADVERTISEMENT
"Jadi memang ada karakteristik yang sedikit berbeda antara 3-pintu dengan 5-pintu. Saya sendiri sudah mendapat titipan pesanan dari rekan, kerabat, itu sudah ada puluhan," terang Harold kepada kumparan.
Dirinya sempat melakukan research mengenai alasan utama yang membuat Jimny 5-pintu tetap jadi daya tarik konsumen. Pertama soal family approved dan kedua adalah identitas ikonik yang melekat pada mobil jip tersebut.
"Ketika saya coba research itu kenapa mereka lebih antusias dengan yang 5-pintu. Ada dua hal ternyata, pertama family approved jadi menurut mereka Jimny 5-pintu lebih dapat mengakomodir keluarga," imbuh Harold.
Jimny Adventure Experience di pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (22/2/2024). Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Sementara untuk Jimny 3-pintu, diakui Harold diibaratkan sebagai barang boys toys untuk suami atau anak laki-laki. Sehingga terkadang dianggap sebagai mobil untuk memenuhi kegemaran atau hobi.
ADVERTISEMENT
"Jimny 5-pintu ini istilahnya istri sudah oke, keluarga juga setuju. Lebih family approved, kemudian yang kedua soal kenyamanan mobil Jimny ini bukan yang seperti mobil regular, ya. Lebih offroad, tapi para konsumen ini jawabnya tidak apa-apa karena ikonik," paparnya.
"Jadi itu ada dua hal, ya. Jimny 5-pintu lebih akomodatif dan ikonik, itu yang membuat mereka memilih model dan menunggu, itu beberapa research yang bisa kita share sampai saat ini," tukas Harold.
***