Otomotif
·
2 Februari 2018 19:01

Tak Penuhi Standar Emisi, BMW Setop Produksi M3 per Mei 2018

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tak Penuhi Standar Emisi, BMW Setop Produksi M3 per Mei 2018 (14853)
BMW M3 (Foto: dok: BMW)
BMW M3 F80 diputuskan tak akan lagi diproduksi pada tahun ini. Langkah ini terpaksa diambil BMW untuk menyikapi regulasi baru.
ADVERTISEMENT
Regulasi itu terkait pengujian emisi. Dulu aturan yang berlaku menggunakan New European Driving Cycle (NEDC) dan sekarang diubah menjadi Worldwide Harmonized Light Vehicle Test Procedure (WLTP).
WLTP mulai berlaku per 1 Juni 2018. Demikian dikutip dari Carscoops, Jumat (2/2).
Standar baru itu mewajibkan mobil dengan emisi di atas batas aman untuk disematkan Otto Particle filter (OPF). Sementara BMW menolak menambahkan filter ini.
Video
Secara teknis, agar memenuhi regulasi tersebut BMW perlu mengubah sistem knalpot untuk bisa mengakomodasi penambahan filter. Meskipun, filter tersebut sebenarnya sudah disediakan BMW untuk model M4.
Menyetop produksi BMW M3 menjadi solusi terbaik. Sebab, mereka dipercaya tengah menyiapkan generasi terbaru dari model tersebut.
ADVERTISEMENT
Adapun, BMW menggunakan fasilitas produksi di Regensburg, Jerman untuk memproduksi M3 dan akan dihentikan aktivitasnya pada Mei tahun ini.
Pengganti
Menghentikan produksi M3 F80 bukan berarti menghapus model tersebut dari jajaran M Series BMW. Menurut kabar, mereka tengah menyiapkan sebuah edisi terbaru dari mobil yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2014.
BMW M3 terbaru bakal mendapat peningkatan dari sisi aerodinamika, punya fender depan yang lebih lebar, dan sistem pembuangan dengan empat pipa knalpot.
Soal jantung mekanis, BMW M3 akan mengemas twin-turbo 3,0 liter 6-silinder yang menyemburkan 453-493 daya kuda (dk).