Otomotif
·
22 Agustus 2021 14:41
·
waktu baca 3 menit

Tak Sekadar Varian, GR Sport Jadi 'Senjata' Toyota Dongkrak Penjualan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tak Sekadar Varian, GR Sport Jadi 'Senjata' Toyota Dongkrak Penjualan (78003)
searchPerbesar
Deretan varian baru Toyota GR Sport di Indonesia Foto: dok. TAM
PT Toyota Astra Motor (TAM) kembali melakukan gebrakan terhadap pasar otomotif dalam negeri dengan meluncurkan 5 model varian GR Sport yang terdiri dari Veloz GR limited, Rush GR Sport, Fortuner GR Sport, Yaris GR Sport, dan Agya GR Sport.
ADVERTISEMENT
Kehadiran 5 model dengan varian GR Sport ini melengkapi beberapa line up Toyota Gazoo Racing yang sudah ada, seperti GR Supra, GR Yaris, dan Raize GR Sport.
Selain mengusung tampilan dengan nuansa sporty dan racing yang lebih segar, kehadiran 5 model dengan varian GR Sport ini juga diharapkan bisa mendongkrak penjualan Toyota ke depannya.
“Harapan kami tentu saja kalau bisa tambah lagi ya, tapi tambah kan tidak hanya bicara tambah porsi persentase di dalam modelnya, harapan kami pelan-pelan juga bisa menjual volumenya lebih baik, kemudian juga bisa membantu total dari branding GR itu sendiri,” jelas Direktur Pemasaran PT TAM, Anton Jimmi Suwandy, dalam acara virtual media gathering Toyota GR pada Kamis (19/8).
ADVERTISEMENT
Besarnya harapan dan optimisme itu, bukan tanpa alasan. Sebab, berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh internal Toyota, saat ini semakin banyak masyarakat Indonesia khususnya konsumen Toyota yang menggemari produk-produk bernuansa sporty. Tidak hanya kaum pria, namun juga wanita.
“Karena memang konsumen di Indonesia ini kami melihat mulai berkembang banyak yang mengarah pada tampilan sporty ya. Jadi sporty sense-nya konsumen kami juga berkembang, terbukti memang TRD selama ini juga diterima cukup baik dan kami yakin dengan ada GR Sport ini juga akan diterima lebih baik lagi,” tambah Anton.
Tak Sekadar Varian, GR Sport Jadi 'Senjata' Toyota Dongkrak Penjualan (78004)
searchPerbesar
Toyota Veloz GR Sport Foto: Dok. Istimewa

Berkaca dari Kesuksesan TRD Sportivo

Tidak hanya itu, Anton juga tidak menampik apabila keputusan menghadirkan varian GR Sport pada 5 model ini, juga berkaca dari kesuksesan penjualan varian sporty sebelumnya yang hadir dalam balutan TRD Sportivo.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan data penjualan Toyota, varian sporty TRD Sportivo berhasil menyumbangkan lebih dari separuh penjualan beberapa model.
“Sekarang kontribusi sporty line up kami sudah cukup besar ya. Agya, Yaris, Fortuner, termasuk Raize ya, rata-rata sudah di atas 50 persen bahkan ada beberapa yang sampai 70 persen,” ujar Anton.
Tak Sekadar Varian, GR Sport Jadi 'Senjata' Toyota Dongkrak Penjualan (78005)
searchPerbesar
Toyota Agya Facelift. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Ya, bila mengacu pada data wholesales Gaikindo dari Januari hingga Juli 2021, beberapa varian TRD Sportivo Toyota memang mampu berkontribusi sangat baik. Berikut perbandingannya.
  • Toyota Rush TRD Sportivo - 22.462 unit dari total 25.891 unit;
  • Toyota Fortuner TRD Sportivo - 8.395 unit dari total 9.973 unit;
  • Toyota Agya TRD Sportivo - 8.893 unit dari total 9.810 unit;
  • Toyota Yaris TRD Sportivo - 3.937 unit dari total 4.180 unit;
  • Toyota Raize GR Sport - 4.823 unit dari total 6.821 unit.
ADVERTISEMENT

Berpeluang Diterapkan Pada Model Toyota Lainnya

Dengan beberapa model varian GR Sport yang sudah ada saat ini, Anton juga tidak menutup peluang untuk menghadirkan varian GR Sport pada model Toyota lainnya.
“Semua pengembangan produk pastinya kami kembali kepada suara konsumen atau kebutuhan dari pasar serta pastinya masukan dari teman-teman media juga. Jadi kami pasti akan mempelajari terus kira-kira produk-produk apalagi yang bisa dapat GR Sport,” tutup Anton.
***
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020