Otomotif
·
16 Desember 2018 14:59

Tak Semua Jalur Produksi Pajero Sport Jadi Korban Xpander

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tak Semua Jalur Produksi Pajero Sport Jadi Korban Xpander (159082)
Pabrik PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (Foto: Dok. MMKI)
Tingginya permintaan Xpander dalam dan luar negeri, membuat Mitsubishi perlu meningkatkan kapasitas produksinya di pabrik Mitsubishi di GIIC Cikarang, buat memenuhi pemesanan.
ADVERTISEMENT
Sebab akan jadi masalah apabila antrean terlalu panjang, dan konsumen akhirnya kecewa. Bahkan parahnya lagi, kalau sampai mereka beralih ke merek lain. Hingga saat ini pemesanan (SPK) Xpander sudah mencapai 115.000 unit.
Tak Semua Jalur Produksi Pajero Sport Jadi Korban Xpander (159083)
Mobil Mitsubishi Xpander di tol Karang Anyar (Foto: Aditia Noviansayah/kumparan)
Salah satu upaya yang dilakukan kemudian, adalah mengorbankan line produksi Pajero Sport mereka. Ini menjadi langkah serius Mitsubishi yang diambil.
Bagaimana tidak, Pajero Sport juga merupakan salah satu tulang punggung Mitsubishi juga di dalam negeri, dan penjualannya sedang tumbuh.
Namun, Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI), Takao Kato, saat ditanyakan kumparanOTO menyebut, upaya adjusment yang dilakukan pihaknya, tak seluruhnya mengorbankan line produksi Pajero Sport.
Tak Semua Jalur Produksi Pajero Sport Jadi Korban Xpander (159084)
Pabrik PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (Foto: Dok. MMKI)
Dirinya meyakinkan, bila SUV medium mereka yang sudah berdarah lokal tersebut, masih diproduksi di dalam negeri.
ADVERTISEMENT
“Kami masih terus memproduksi Pajero Sport, tapi tentu saja sejak permintaan Xpander sangat tinggi, kami mencoba untuk meng-adjust produksi, tapi tetap Pajero masih diproduksi,” kata Kato, Sabtu (14/12).
“Jadi line produksi Pajero tidak semuanya dipakai seluruhnya untuk Xpander, masih ada Pajero Sport di MMKI. Namun memang, ada adjusment sedikit karena memang harus memenuhi permintaan Xpander yang tinggi di pasar Indonesia,” ujarnya.
Terkait dengan berapa lama line produksi Pajero Sport akan dipinjam untuk Xpander, Kato masih belum bisa mengungkapkannya. Namun pastinya sampai permintaan Xpander kembali normal.
Begitu juga dengan besaran kapasitas produksi yang dicomot Xpander, belum ada bocoran informasinya. Karena ini menyangkut juga dengan jumlah impor Pajero Sport yang akan dilakukan Mitsubishi buat penuhi permintaan di dalam negeri.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang Januari-Oktober 2018 wholesales Pajero Sport sebesar 18.104 unit.
Angka tersebut mengalami peningkatan sekitar 18,7 persen, dibanding periode sama di 2017, yang hanya mencapai 15.246 unit saja.