Otomotif
·
23 Juli 2020 15:24

Tak Sulit, Begini Cara Merawat Sunroof dan Panoramic Sunroof Mobil di Rumah

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tak Sulit, Begini Cara Merawat Sunroof dan Panoramic Sunroof Mobil di Rumah (26877)
Panoramic sunroof di Honda CR-V Facelift. Foto: dok. Honda Thailand
Mobil dengan atap sunroof dan panoramic sunroof kini mulai banyak dilirik masyarakat. Selain bisa menambah kesan mewah, hadirnya atap sunroof dan panoramic sunroof juga bisa membuat ruang kabin menjadi terasa lebih lapang.
ADVERTISEMENT
Tak heran, jika dahulu sunroof dan panoramic sunroof hanya tersedia pada mobil sedan atau MPV premium saja, kini perlahan juga mulai diaplikasikan para pabrikan pada mobil berjenis medium SUV, medium MPV, hingga mobil perkotaan.
Hadirnya atap sunroof dan panoramic sunroof pada sebuah mobil, tentu saja tak boleh dianggap hanya sebagai aksesoris semata. Fitur tersebut juga tetap memerlukan perawatan rutin, guna memperpanjang usia pakainya dan mencegah terjadinya kerusakan seperti kebocoran.
Dalam melakukan perawatannya, ternyata tak melulu harus dilakukan di bengkel resmi saja. Para pemilik mobil juga bisa melakukan perawatan sendiri terhadap sunroof dan panoramic sunroof mobilnya di rumah.
Dealer Technical Support PT Toyota-Astra Motor (TAM), Didi Ahadi, mengatakan setidaknya ada 2 perawatan yang bisa dilakukan para pemilik mobil.
Tak Sulit, Begini Cara Merawat Sunroof dan Panoramic Sunroof Mobil di Rumah (26878)
Merawat Sunroof di Kia Seltos Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan

Bersihkan selang pembuangan air sunroof dan panoramic sunroof

Perawatan pertama yang harus sering dilakukan, yakni membersihkan selang pembuangan air yang ada pada fitur sunroof dan panoramic sunroof.
ADVERTISEMENT
Umumnya, pada mobil yang telah berusia lawas di atas 5 tahun bisa berpotensi mengalami selang mampet akibat adanya kotoran atau lumut yang menghambat. Bila sudah mampet, dampaknya air yang ada di penampungan akan menjadi penuh dan bisa berpotensi merembes ke area kabin atau plafon mobil.
Di sunroof itu biasanya ada 4 selang buangan air dari penampungan ke luar. Letak selang ini biasanya ada di pilar kaca depan dan belakang. Cara bersihkannya cukup disemprot saja menggunakan angin kompresor ke selang tersebut," jelas Didi kepada kumparan, Selasa (21/7).
Tak Sulit, Begini Cara Merawat Sunroof dan Panoramic Sunroof Mobil di Rumah (26879)
Mercedes-Benz E350 EQ Boost AMG Line Foto: dok. Muhammad Ikbal/kumparan

Rel pada sliding sunroof dan panoramic sunroof

Selain membersihkan selang pembuangan, hal lain yang harus diperhatikan para pemilik mobil yang memiliki fitur sunroof dan panoramic sunroof, yakni rel pada bagian sliding buka tutupnya.
Pada mobil yang telah berusia lawas, bisa saja proses buka tutup sunroof atau panoramic sunroof menjadi lebih lambat akibat kurangnya pelumasan.
"Untuk bagian sliding-nya cukup ditambahkan grease saja di bagian relnya dan kalau ada debu juga bisa dibersihkan dahulu," ucap Didi.
Tak Sulit, Begini Cara Merawat Sunroof dan Panoramic Sunroof Mobil di Rumah (26880)
Panoramic Sunroof BMW 630i GT M Sport Foto: dok. BMW Indonesia
Dengan rutin melakukan 2 perawatan tersebut, dikatakan Didi akan membuat usia pakai dari fitur sunroof dan panoramic sunroof tersebut menjadi lebih panjang, serta mencegah terjadinya kebocoran.
ADVERTISEMENT
Jadi, buat Anda yang mobilnya memiliki sunroof atau panoramic sunroof, jangan malas lagi ya untuk melakukan perawatan.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)