Otomotif
·
8 Juli 2020 8:43

Tambal Ban Model Bakar atau Tip Top, Ampuh Mana?

Konten ini diproduksi oleh
Tambal Ban Model Bakar atau Tip Top, Ampuh Mana? (60201)
Ilustrasi mengganti ban baru pada motor. Foto: dok. Istimewa
Solusi mengatasi ban motor bocor adalah menambalnya. Khusus ban motor yang sudah tubeless, cara tambal ban cukup mudah tinggal menyumbat lubang ban dengan semacam karet yang lengket.
ADVERTISEMENT
Tapi beda cerita ketika motor masih menggunakan ban dalam, teknik tadi tidak bisa diterapkan. Ada dua metode umum tambal ban motor yang bisa dilakukan: bakar dan tempel menggunakan stiker khusus atau dikenal tip top.
Tambal Ban Model Bakar atau Tip Top, Ampuh Mana? (60202)
Ban Dalam 14 Inci Foto: Alfons Yoshio/kumparan
Nah dari dua cara tadi, sebenarnya mana yang ampuh alias bertahan lama sehingga tidak mengakibatkan kebocoran lagi?
Juki, penggawa bengkel spesialis motor matik R59 Matic Shop menuturkan keduanya sama-sama ampuh untuk menambal lubang ban dalam. Tapi metode bakar, disebutnya lebih awet.
"Karena kan dia sistemnya press dan menempel ke ban dalam pas dibakar, kelihatannya menyatu jadinya lebih awet, lebih kuat jadinya," ungkap Juki saat ditemui kumparan di workshop-nya, di Ciputat, Tangerang Selatan, Selasa (7/7).
Tambal Ban Model Bakar atau Tip Top, Ampuh Mana? (60203)
Ilustrasi ban motor kempis. Foto: dok. Istimewa
Memang metode tersebut memakan waktu yang lebih lama. Setelah ban dalam dibongkar dan dicari titik bocornya, permukaan ban kemudian dibersihkan menggunakan amplas atau gergaji.
ADVERTISEMENT
Setelahnya dibaluri perekat khusus, baru ditempel dengan karet kanisir. Berikutnya bakar dengan peralatan khusus lagi agar hanya bagian yang ditempeli kanisir tadi yang meleleh. Proses pembakarannya paling cepat memakan waktu 5 menit.
"Pakai tempelan juga sebenarnya, tapi bukan karet ban biasa, makanya habis dibakar dia ada tonjolan, cuma jadinya rapi kayak nempel makanya awet," tandas Juki.
Video
Sementara model tip top diakui Juki lebih cepat pengerjaannya, karena hanya menempel lapisan yang disebut patch. Tapi cenderung lama-lama tidak begitu kuat menahan tekanan angin dari lubang yang bocor.
"Jelas enggak buang waktu, karena idealnya cara itu buat ban sepeda aja sih. Di ban motor teknik tip top kadang suka enggak kuat, makanya sering ada bocor halus di area yang sama," jelasnya.
ADVERTISEMENT
Urusan harga sekarang model bakar di kisaran Rp 25 sampai 30 ribu, sementara teknik tip top setengahnya atau dari Rp 15 hingga 20 ribuan.
Tambal Ban Model Bakar atau Tip Top, Ampuh Mana? (60204)
Ilustrasi tambal ban. Foto: dok. FDR Tire

Teliti lagi langkah-langkah tambal ban

Namun terlepas dari keampuhan kedua cara tadi, balik lagi ke ketersediaan gerai tambal ban kendaraan yang ditemui saat ban motor bocor di tengah jalan. Syukur-syukur mekanik memberikan dua pilihan tadi, selebihnya tinggal perhatikan langkah-langkah pengerjaan tambal ban.
"Dipantau terus cara ban motornya ditambal, rapi atau enggak, saat dibakar pastikan sampai menyatu, jangan masih ada yang mengelupas, tip top juga harus dibersihkan dahulu dan dibubuhi lem khusus sebelum ditempel patch," pungkasnya.
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona
*****