Otomotif
·
6 Oktober 2020 8:18

Tanpa DP, Ini Ragam Motor Listrik Murah di Bawah Rp 20 Juta

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tanpa DP, Ini Ragam Motor Listrik Murah di Bawah Rp 20 Juta (5549)
Motor Listrik Viar Foto: Amanaturrosyidah/kumparan
Sejak awal Oktober 2020 ini masyarakat yang hendak membeli motor listrik, bisa menyicilnya tanpa uang muka atau down payment (DP).
ADVERTISEMENT
Hal ini sejalan dengan relaksasi batas minimum DP nol persen untuk kredit pembiayaan kendaraan ramah lingkungan oleh Bank Indonesia. Sebelumnya besaran uang muka 5 sampai 10 persen.
Tanpa DP, Ini Ragam Motor Listrik Murah di Bawah Rp 20 Juta (5550)
Motor Listrik MBI S. Foto: dok. Istimewa
Tentu menjadi stimulus yang menarik bagi Anda yang sedang merencanakan pembelian kendaraan tanpa emisi, khususnya motor listrik.
Lalu apa saja model motor listrik murah yang ada di pasaran? Utamanya dengan harga di bawah Rp 20 juta, supaya angsurannya lebih terjangkau sekitar 1 jutaan setiap bulannya jika tenornya maksimal 2 tahun. Berikut pilihannya.

Motor listrik di bawah Rp 20 juta

1. Selis Agats

Pertama bisa pertimbangkan memboyong Selis Agats yang dibanderol Rp 19,9 juta. Modelnya sekilas ada kemiripan dengan Yamaha Soul GT dari samping, membuatnya tampak kompetitif dengan motor matik yang ada.
Tanpa DP, Ini Ragam Motor Listrik Murah di Bawah Rp 20 Juta (5551)
Selis Agats Foto: dok. Selis
Motor listrik yang disematkan menjanjikan tenaga 2,6 dk dan kecepatan maksimal 60 km/jam. Daya tempuh baterainya bisa menyentuh angka 50 km. Atau setara dengan jarak dari Monas ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) PP.
ADVERTISEMENT

2. New Viar Q1

Ya, model yang satu ini mungkin tak lagi asing di telinga. Sebelum gembar-gembor penggunaan kendaraan listrik, Viar lebih dulu bergerak senyap mengenalkan Q1.
Kini Q1 punya tampilan baru. Meskipun masih berciri khas membulat, tapi lebih sedap dipandang karena revisi desain lampu utama dan tabeng depan.
Tanpa DP, Ini Ragam Motor Listrik Murah di Bawah Rp 20 Juta (5552)
Viar New Q1 Foto: Alfons Yoshio
Selain itu dari sektor dapur pacu, menjanjikan daya tempuh hingga 120 km, sebelumnya masih 60 km. Ini karena new Viar Q1 sekarang bisa menampung 2 baterai.
Jarak tersebut juga bisa tercapai asal kedua baterai terisi penuh. Tenaga maksimalnya 1,07 dk dengan kecepatan yang dibatasi hingga 60 km/jam.
Harga motor listrik new Viar Q1 Rp 18,950 juta.

3. Selis E-Max

Selis rupanya masih punya motor listrik terjangkau dengan harga Rp 15,5 juta lewat E-Max.
ADVERTISEMENT
Boleh dikatakan karena harganya lebih terjangkau dari Agats, maka spesifikasinya diturunkan. Kendati demikian masih cukup dibawa wara-wiri keliling kota atau perumahan.
Tanpa DP, Ini Ragam Motor Listrik Murah di Bawah Rp 20 Juta (5553)
Selis E-MAX Foto: dok. Selis
Sebab tenaganya mencapai 1,6 dk dengan kecepatan maksimal 50 km/jam dengan daya jelajah 40 km.

4. Ecgo 2

Terakhir bisa pertimbangkan Ecgo 2 buatan perusahaan yang disebut Ecgobike. Harganya paling terjangkau dari model sebelumnya karena dibanderol Rp 8,5 juta.
Namun pabrikan tidak merinci detail spesifikasi teknisnya. hanya mencantumkan kecepatan maksimal 60 km/jam dan daya tempuh 70 km.
Tanpa DP, Ini Ragam Motor Listrik Murah di Bawah Rp 20 Juta (5554)
Motor listrik Ecgo 2 Foto: dok. Ecgobike
Menariknya dari perusahaan lain, Ecgo menerapkan sistem penyewaan baterai untuk motor listriknya, sebesar Rp 95 ribu per bulan. Jika setahun, maka harga jualnya ditambahkan Rp 1,140 juta sih.
Selama itu pula, baterai terdaftar dalam kondisi aktif dan bisa dicas di rumah atau fasilitas pengisian listrik umum (SPLU). Apabila pengguna tidak membayar masa aktifnya, maka baterai tidak dapat diisi ulang.
ADVERTISEMENT