Otomotif16 September 2020 10:12

Terkaan Wujud Toyota Yaris Cross GR, Akankah Terealisasi?

Konten Redaksi kumparan
Terkaan Wujud Toyota Yaris Cross GR, Akankah Terealisasi? (317411)
Toyota Yaris Cross GR. Foto: dok. Carscoops
Toyota Yaris Cross cukup mencuri perhatian belakangan ini. Perancangnya berusaha memadukan konsep mobil hatchback kompak, dengan kemampuan melibas berbagai medan jalan layaknya crossover.
ADVERTISEMENT
Namun, tat puas hanya sampai situ, pecinta Toyota rupanya juga mulai penasaran apakah Yaris Cross akan punya versi Gazoo Racing (GR), seperti Yaris hatchback atau tidak.
Tentu, bila hal tersebut direalisasikan oleh Toyota, akan jadi satu hal yang menarik melihat perpaduan kekompakan khas mobil hatchback, ketangguhan khas sebuah crossover, dan kemampuan akselerasi yang prima.
Nah, guna merealisasikan berbagai keinginan pecinta Toyota tersebut, seorang ahli olah foto digital, KDesignAG, mencoba menampilkan desain Toyota Yaris Cross dalam versi Gazoo Racing (GR).
Bila melihat hasil olah foto digitalnya itu, terlihat tampilan Toyota Yaris Cross yang sebelumnya punya wajah futuristik mendadak berubah menjadi mobil yang sporty.
Beberapa ubahan di sisi eksterior itu dilakukan pada penerapan body kit, grille bawah yang lebar serta bumper layaknya pada Yaris GR, velg berkelir hitam dengan diameter yang lebar, kaliper rem berwarna merah, fender dan side skirt berwarna hitam, serta diffuser besar di bagian belakang.
Terkaan Wujud Toyota Yaris Cross GR, Akankah Terealisasi? (317412)
Toyota Yaris Cross GR. Foto: dok. Carscoops
Dengan berbagai ubahan itu, tampilan Yaris Cross GR berwarna kombinasi 2 nada ini sukses terlihat jauh lebih sporty dan sangar dari versi standarnya.
ADVERTISEMENT
Tentu saja, apabila Toyota Yaris Cross GR ini nantinya akan benar-benar dihadirkan oleh Toyota, banyak yang berharap bagian dapur pacunya juga turut ditingkatkan.

Mesin Toyota Yaris GR paling cocok untuk diaplikasikan

Dari berbagai spesifikasi mesin yang bisa diaplikasikan pada Yaris Cross GR, mesin yang saat ini diusung oleh Yaris GR mungkin jadi hal yang paling masuk akal.
Ya, mesin 3 silinder berkapasitas 1.6 liter itu dinilai paling cocok untuk dibenamkan pada Yaris Cross GR. Pada versi Eropanya, mesin tersebut mampu memuntahkan tenaga 257 dk dan torsi 360 Nm.
Terkaan Wujud Toyota Yaris Cross GR, Akankah Terealisasi? (317413)
Toyota GR Yaris 2020 Foto: dok. CarBuzz
Sementara untuk versi Jepang, tenaga dan torsi yang dihasilkan sedikit lebih besar, yakni 268 dk dan torsi 370 Nm. Tenaga dan torsi keduanya itu disalurkan ke empat roda melalui sistem transmisi 4 percepatan.
ADVERTISEMENT
Lalu, akankah Toyota nantinya juga tertarik untuk menghadirkan Yaris Cross GR ke pasar global? Menarik untuk dinantikan.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)