Otomotif
·
31 Januari 2021 6:06

Terkuak, Segini Harga Baterai Mobil Listrik Tesla Model 3

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Terkuak, Segini Harga Baterai Mobil Listrik Tesla Model 3 (375291)
Tampilan bdepanmobil listrik Tesla Model 3. Foto: dok. Istimewa
Sebagian besar pabrikan otomotif yang memproduksi mobil listrik, cenderung enggan mengungkapkan harga baterai yang digunakannya.
ADVERTISEMENT
Walaupun sudah bukan rahasia umum lagi, banderolnya bisa mencapai 60 hingga 70 persen dari harga jual satu unit.
Nah baru-baru ini, sebuah harga baterai mobil listrik terkuak. Banderolnya mencapai 13.500 dolar AS, atau setara dengan Rp 189,5 jutaan, nilai yang sama untuk bisa menebus Honda Brio baru rupanya.
Terkuak, Segini Harga Baterai Mobil Listrik Tesla Model 3 (375292)
Seorang pekerja melintas di pabrik Tesla di Fremont, California, AS, Selasa (12/5/2020). Foto: Reuters/Stephen Lam
Dalam laporan Current Automotive, banderol tersebut tertera pada lembaran invoice servis Tesla Model 3, yang salah satunya untuk menebus penggantian baterai yang rusak.
Itu baru harga satu unit baterainya dengan kapasitas 75 kWh, yang merupakan Tesla Model 3 varian long range atau tipe tengah, dan mampu menjelajah hingga 568 km dalam sekali penuh.
Setelah ditotal dengan komponen lain mencakup margin, ongkos pengerjaan, sistem kelistrikan, skid plate atau pelat penampang baterai, hingga pendukung kerja pendingin baterai, harganya mencapai 16.650 dolar US atau Rp 233,8 jutaan. Fantastis, ya!
Terkuak, Segini Harga Baterai Mobil Listrik Tesla Model 3 (375293)
Screenshot invoice servis mobil listrik Tesla. dok. Currnet Automotive
Memang masih terbilang tinggi harganya. Ya, boleh dibilang selain memiliki mobil listrik, Anda juga harus menyisihkan uang yang dimiliki sebagai tabungan, karena sewaktu-waktu butuh penggantian baterai pada mobil ramah lingkungan yang dimiliki karena kerusakan.
ADVERTISEMENT
Terlebih baterai mobil listrik serupa dengan baterai yang ada pada gawai Anda. Baterai memiliki umur pakai dan lama kelamaan mengalami degradasi, atau kemampuan sel baterai tak mampu lagi menyimpan daya listrik hingga 100 persen.
Terkuak, Segini Harga Baterai Mobil Listrik Tesla Model 3 (375294)
Elon Musk, CEO Tesla. Foto: Mike Blake/Reuters
Tapi Elon Musk dalam sebuah pidatonya mengumumkan bahwa biaya baterai akan turun sekitar 100 dolar per kWh, dalam beberapa tahun mendatang, demikian mengutip Auto Evolution.
Ini bisa membuat banderol mobil listrik murni bisa lebih terjangkau. Maka dari itu Tesla belakangan ini tengah berfokus pada pengembangan mobil listrik baru yang akan menyasar kelas entry level, dengan harga Rp 350 jutaan.
Terkuak, Segini Harga Baterai Mobil Listrik Tesla Model 3 (375295)
Elon Musk bos Tesla. Foto: dok. Businessinsider
Selain itu, perusahaan yang semula bermarkas di Silicon Valley itu juga sedang menggarap baterai, yang daya tempuhnya bisa menjangkau 1.609 km atau 1.000 mil.
ADVERTISEMENT
Model 3 merupakan mobil listrik termurah keluaran Tesla. Ada 3 model yang bisa dipilih: Standar Range (422 km), Long Range (568 km), dan Performance (506 km).
Di Indonesia, Tesla Model 3 didatangkan langsung oleh importir umum Prestige Image Motocars yang dipasarkan mulai dari Rp 1,5 miliar. Padahal di negara aslinya, Tesla termurah itu dihargai Rp 490 jutaan.
***