Otomotif
·
26 Februari 2021 8:51

Tesla Model 3 buat Mobil Patroli Polisi Indonesia, Seberapa Kencang?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tesla Model 3 buat Mobil Patroli Polisi Indonesia, Seberapa Kencang? (62267)
Mobil Patwal Tesla Model 3 milik Korlantas Polri. Foto: dok. Prestige Motorcars
Kepolisian Republik Indonesia melalui Korlantas Polri baru saja mendapatkan 1 unit mobil listrik Tesla Model 3. Ini merupakan unit pinjaman yang diberikan oleh Prestige Motorcars, selaku distributor Tesla di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Peminjaman mobil listrik Tesla Model 3 kepada Korlantas Polri ini juga merupakan bagian dari program Ikatan Motor Indonesia (IMI) dalam mendukung rencana pemerintah melakukan percepatan kendaraan bermotor listrik di Tanah Air.
“Kami dari Prestige Motorcars siap memberikan dukungan penuh terhadap program pemerintah dan IMI. Di mana agenda IMI sendiri yaitu mempercepat penggunaan kendaraan bermotor berbasis baterai,” ucap CEO Prestige Motorcars, Rudy Salim dalam keterangan resminya.
Tesla Model 3 buat Mobil Patroli Polisi Indonesia, Seberapa Kencang? (62268)
Mobil Patwal Tesla Model 3 milik Korlantas Polri. Foto: dok. Prestige Motorcars
Rencananya, mobil listrik Tesla Model 3 ini akan dimanfaatkan oleh Korlantas Polri sebagai unit patroli sekaligus pengawalan.
“Ini merupakan mobil listrik patroli pertama yang dimiliki oleh Korlantas Polri, nantinya akan digunakan sebagai patroli dan pengawalan sekaligus kampanye terkait ramah lingkungan,” jelas Kabag Ops Korlantas Polri, Kombes Rudi Antariksawan, kepada kumparan Kamis (25/2/2021).
ADVERTISEMENT
Penggunaan mobil listrik Tesla Model 3 ini diharapkan juga dapat semakin memperendah tingkat polusi udara di Ibukota serta meringankan biaya operasional. Sebab, sebagai sebuah mobil listrik, Tesla Model 3 hanya membutuhkan biaya pengecasan sebesar Rp 70 ribu untuk sekali pengisian hingga penuh dan dapat membuat mobil melaju sejauh 400 kilometer.
“Selain biaya pengecasan yang murah, biaya perawatan juga akan ditanggung Prestige, karena masih dalam Prestige Warranty,” beber Rudy Salim kepada kumparan.
Tesla Model 3 buat Mobil Patroli Polisi Indonesia, Seberapa Kencang? (62269)
Mobil Patwal Tesla Model 3 milik Korlantas Polri. Foto: dok. Prestige Motorcars

Spesifikasi Tesla Model 3

Menyoal spesifikasinya, Tesla Model 3 yang digunakan oleh Korlantas Polri ini merupakan varian Standard Range Plus. Model ini dibekali dengan baterai berkapasitas 53 kWh dengan motor listrik Interior Permanent Magnet (IPM) synchronous.
Di atas kertas, tenaganya bisa mencapai 283 dk dan torsi 450 Nm, dengan transmisi single speed.
ADVERTISEMENT
Berbicara performa ngacir, mobil listrik ini bisa melesat dari posisi diam hingga 100 km/jam, hanya dalam waktu 5,6 detik dengan kecepatan maksimum 225 kilometer per jam.
Kondisi baterai terisi penuh, Tesla Model 3 diklaim mampu terus melaju hingga 430 kilometer. Berbagai fitur unggulan juga tersemat di mobil listrik ini, berikut lengkapnya.
  • Autopilot Mode
  • Autosteer
  • Lane Keeping
  • Lane Changing
  • Active Safety Autonomy
  • Recirculating Air Quality Mode
  • Layar sentuh 15 inci
  • Sistem Audio dengan 15 speaker dan 1 subwoofer
  • Tinted Glass Roof dengan technology penangkal sinar UV dan infrared
  • Airbags
***