Otomotif
·
8 Juli 2020 17:30

Tips Mengendarai Motor Tinggi untuk Pengendara Berpostur Pendek

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tips Mengendarai Motor Tinggi untuk Pengendara Berpostur Pendek (343461)
Tips mengendarai motor tinggi. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Tips mengendarai motor berpostur jangkung seperti motor sport dan trail, perlu dipahami biker yang punya tinggi tubuh di bawah rata-rata 165cm.
ADVERTISEMENT
Pasalnya, bila tak mengerti tekniknya bisa membahayakan keselamatan. Nah, agar hal itu tak terjadi, Berikut ini kumparan sajikan 3 tipsnya, berdasarkan bekal dari Head of Safety Riding Wahana Makmur Sejati (WMS), Agus Sani.

Berlatih keseimbangan sebelum mengendarai motor

Tips Mengendarai Motor Tinggi untuk Pengendara Berpostur Pendek (343462)
Tips mengendarai motor tinggi. Foto: Fitra Andrianto/kumparan
Pertama, Agus mengatakan kunci utama dari berkendara sepeda motor adalah keseimbangan. Untuk kasus ini, dia menyarankan untuk berlatih mengendarai motor tinggi sepelan mungkin.
"Cara melatihnya, menjalankan motor dengan kecepatan rendah posisi garis lurus dulu. Kemudian boleh dilanjut membentuk pola 8," kata Agus saat dihubungi kumparan, Rabu (8/7).

Pilih tempat berpijak

Tips Mengendarai Motor Tinggi untuk Pengendara Berpostur Pendek (343463)
Tips mengendarai motor tinggi. Foto: Fitra Andrianto/kumparan
Tak dipungkiri kesulitan mengendarai motor tinggi adalah ketika berhenti di lampu merah atau kemacetan. Nah, untuk menyiasati ini, jangan ragu untuk menggeser bokong kaki bisa menapak dengan sempurna.
ADVERTISEMENT
"Bisa juga memanfaatkan sisi trotoar, tapi pastikan posisi pijakan kakinya tepat. Jangan sampai kaki turun, pijakan meleset, pengendara dan motor bisa rubuh," jelasnya lagi.

Jangan ragu dan harus percaya diri

Tips Mengendarai Motor Tinggi untuk Pengendara Berpostur Pendek (343464)
Tips mengendarai motor tinggi. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Selain skill dan teknik yang harus dikuasai, menurut Agus dalam berkendara sikap ragu harus dihilangkan. Ragu saat saat berkendara akan memecah konsentrasi dan berkaitan dengan keselamatan berkendara.
"Percaya diri juga pasti lah, tinggi badan tidak masalah. Banyak kok pebalap yang pendek dan motornya tinggi. Terpenting dia punya skill yang baik dan percaya diri, itu amanlah naik sepeda motor," timpal dia.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)