Otomotif
·
14 Juli 2020 8:00

Tips Nyetir Mobil Manual di Jalan Menurun Supaya Aman

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tips Nyetir Mobil Manual di Jalan Menurun Supaya Aman (144868)
Transmisi manual di Isuzu Panther Foto: Bangkit Jaya Putra
Pengemudi mobil manual tak hanya harus paham tips mengemudi saat menghadapi tanjakan, tapi juga ketika melalui jalan menurun. Karena bila salah, rem bisa blong dan berujung kecelakaan.
ADVERTISEMENT
Senior instructor sekaligus founder Jakarta Defensive Driving Consultant (JDDC), Jusri Pulubuhu coba mengingatkan, khususnya buat pemula yang baru mengemudikan mobil manual.
Ada 5 hal yang wajib dipahami oleh pengemudi saat sedang melaju di jalan menurun. Berikut lengkapnya.

Manfaatkan engine brake pada mobil manual

Tips Nyetir Mobil Manual di Jalan Menurun Supaya Aman (144869)
Ilustrasi oper gigi pada mobil manual. Foto: dok. Muhammad Ikbal
Hal pertama yang wajib dilakukan oleh pengemudi pemula saat menemui jalan menurun, yakni gunakan engine brake. Dengan menggunakan engine brake, kata Jusri, kinerja rem tidak akan menjadi berat dan panas yang bisa menjadi awal petaka rem blong.
Dengan menurunkan ke gigi yang lebih rendah, otomatis kecepatan laju mobil akan ikut berkurang," ucap Jusri.
Menyoal tekniknya, pengemudi dapat langsung memindahkan tuas transmisi ke gigi yang lebih rendah secara perlahan dan berurutan.

Lakukan engine brake sebelum menurun

Tips Nyetir Mobil Manual di Jalan Menurun Supaya Aman (144870)
Ilustrasi jalan menurun. Foto: www.tacomadodge.com
Penggunaan engine brake sendiri, dikatakan Jusri sebaiknya dilakukan saat mobil belum berada di jalur turunan. Artinya, saat mobil masih berada di puncak dan bersiap menurun, segera lakukan engine brake.
ADVERTISEMENT
"Karena bila sudah di tengah turunan, akan memungkinkan pengemudi menggunakan banyak rem (kaki)," beber Jusri.

Oper gigi mobil manual secara bertahap

Tips Nyetir Mobil Manual di Jalan Menurun Supaya Aman (144871)
Ilustrasi oper gigi mobil manual. Foto: Muhammad Ikbal/kumparan
Selama proses engine brake, khususnya pada mobil manual, Jusri menyarankan untuk menurunkan gigi secara perlahan dan bertahap, jangan melompat-lompat.
Tak hanya itu, pengemudi mobil manual dan mobil matik juga diharamkan menetralkan tuas transmisi saat sedang melaju di jalan menurun. Ini berpotensi menyebabkan terjadinya rem blong.

Kombinasikan injakan pada pedal rem

Tips Nyetir Mobil Manual di Jalan Menurun Supaya Aman (144872)
com-Ilustrasi menginjak rem. Foto: Shutterstock
Selanjutnya, pahami teknik pengereman. Saat sedang berada di jalan menurun yang cukup panjang, sebaiknya pengemudi sesekali melakukan injakan pada pedal rem secara berulang.
Pasalnya, jika pengemudi terus-terusan menginjak pedal rem dalam waktu lama, akan membuat sistem pengereman mengalami brake fading.
ADVERTISEMENT
"Sistem rem itu akan mengalami kegagalan fungsi yang diakibatkan oleh gesekan yang terlalu lama dan menimbulkan panas berlebih. Efeknya rem jadi tak maksimal," ungkap Jusri.

Jaga jarak aman

Tips Nyetir Mobil Manual di Jalan Menurun Supaya Aman (144873)
Jaga jarak berkendara 3 detik. Foto: aarp.org
Terakhir yang tidak kalah penting, pengemudi wajib menerapkan jaga jarak aman selama melaju di jalan menurun. Dengan melakukan jaga jarak, maka sistem rem juga tidak akan bekerja terlalu keras.
"Terakhir sih, harus jaga jarak Kalau antar kendaraan jaraknya terlalu dekat maka berpotensi membuat rem menjadi sering diinjak," kata Jusri.
Nah, jadi jangan sampai salah prosedur lagi ya saat mengemudi mobil manual di jalan menurun. Pastikan juga sistem pengereman mobil Anda selalu dalam kondisi yang prima dan layak jalan.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
ADVERTISEMENT
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.