Otomotif
·
2 Agustus 2018 15:42

Tips Perawatan Mobil yang Sering Kena Macet

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tips Perawatan Mobil yang Sering Kena Macet (324)
Macet arah Sudirman menuju Thamrin (Foto: Jamal Ramadhan/kumparan)
Macet merupakan sebuah masalah yang sering dihadapi oleh mereka yang tinggal di kota besar. Kemacetan pun menimbulkan berbagai masalah, mulai dari memunculkan stres bagi para pengendara, polusi udara, hingga gangguan pada kendaraan Anda. Oleh karena itu, mobil yang sering menghadapi keadaan macet pun perlu dirawat secara berkala.
ADVERTISEMENT
Apakah Anda juga sering atau bahkan setiap hari harus menghadapi kemacetan? Berikut beberapa tips perawatan sederhana agar mobil kesayangan Anda tetap awet walau sering menghadapi keadaan macet.
1. Cek komponen pendukung
Jangan hanya mengecek komponen mobil jika ingin berpergian jauh. Justru saat Anda lebih sering menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, Anda perlu memberi perhatian lebih. Pengecekan berkala pada komponen-komponen mobil seperti lampu-lampu dan rem dapat menjaga performa mobil Anda.
2. Perhatikan transmisi
Tips Perawatan Mobil yang Sering Kena Macet (325)
Rem Tangan (Foto: dok. Haynes Manuals )
Agar mobil tidak mudah rusak, pengendara mobil, baik matic ataupun manual bisa memindahkan tuas gigi transmisinya ke N (Netral) saat berhenti di kala macet, dan jangan lupa untuk menggunakan rem tangan. Pengendara mobil manual tidak dianjurkan menerapkan teknik setengah kopling saat jalanan sedang macet.
ADVERTISEMENT
3. Ganti kampas rem secara berkala
Anda harus mengetahui usia dan daya tahan kanvas rem mobil yang digunakan setiap hari. Kampas rem yang sudah habis akan membahayakan Anda saat menggunakan mobil. Beberapa tanda yang menunjukkan kampas rem akan habis di antaranya adalah adanya getaran dan muncul suara saat mengerem.
4. Rutin mengganti oli
Walaupun tidak perlu diisi sesering bensin, oli adalah nyawa bagi komponen mobil Anda. Maka dari itu, jika Anda sering menghadapi kemacetan, menggunakan oli yang tepat seperti CASTROL MAGNATEC STOP-START sangatlah penting untuk mobil Anda.
Tips Perawatan Mobil yang Sering Kena Macet (326)
com-CASTROL MAGNATEC STOP-START (Foto: CASTROL MAGNATEC)
CASTROL MAGNATEC STOP-START memiliki molekul pintar yang dapat melekat dan membentuk lapisan untuk memperbaiki mesin dengan sendirinya. Sehingga, mesin mobil kesayangan Anda pun akan selalu mendapatkan perlindungan ekstra. CASTROL MAGNATEC STOP-START juga telah terbukti mampu mengurangi keausan secara signifikan pada kondisi mesin mobil yang sering terjebak dalam kemacetan.
ADVERTISEMENT
Rawatlah mobil kesayangan secara berkala, agar performanya tetap baik untuk digunakan dalam menghadapi kemacetan di kota besar.
Story ini merupakan bentuk kerja sama dengan CASTROL MAGNATEC STOP-START.