Otomotif
·
2 April 2021 9:32

Tol Jakarta - Cikampek Padat, Jasamarga Berlakukan 3 Rekayasa Lalu Lintas

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tol Jakarta - Cikampek Padat, Jasamarga Berlakukan 3 Rekayasa Lalu Lintas (82763)
Sejumlah kendaraan melaju di jalan tol Jakarta - Cikampek (Japek) KM 47, Karawang, Jawa Barat, Rabu (28/10). Foto: M Ibnu Chazar/ANTARA FOTO
Kepadatan arus lalu lintas di ruas tol Jakarta - Cikampek mulai terjadi sejak Kamis (1/4/2021) malam. Tingginya volume kendaraan yang hendak menuju arah timur Pulau Jawa merupakan imbas dari adanya libur panjang pada Jumat - Minggu (2 - 4 April 2021).
ADVERTISEMENT
Berdasarkan pantauan kumparan di akun twitter Jasamarga, puncak kepadatan di ruas tol Jakarta - Cikampek, terjadi sejak Jumat (2/4) dini hari hingga pagi.
Bahkan, akibat tingginya volume arus lalu lintas, Jasamarga bersama Kepolisian pun telah melakukan sejumlah rekayasa lalu lintas. Mulai dari pemberlakuan contraflow, buka tutup sejumlah akses rest area, hingga penutupan jalan tol layang Jakarta - Cikampek.
Untuk pemberlakuan contraflow, telah dilakukan Jasamarga sejak pukul 03.46 WIB . Adapun pemberlakuan contraflow tersebut, terjadi dari Km 47 Karawang Barat hingga Km 61 Dawuan.
"Untuk mengurai kepadatan di Jalan Tol Jakarta - Cikampek (Japek), Jasa Marga atas diskresi Kepolisian berlakukan rekayasa lalu lintas contraflow mulai dari Km 47 sampai dengan Km 61 arah Cikampek sejak pukul 03.40 WIB," jelas General Manager Representative Office 1 Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division, Widiyatmoko Nursejati.
Tol Jakarta - Cikampek Padat, Jasamarga Berlakukan 3 Rekayasa Lalu Lintas (82764)
Sejumlah kendaraan melintas di tol Jakarta-Cikampek, Jatimulya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu (28/10). Foto: Fakhri Hermansyah/ANTARA FOTO
Sementara untuk pemberlakuan buka tutup akses masuk rest area, telah dilakukan sejak pukul 01.09 WIB. Penutupan tersebut dilakukan pada tempat peristirahatan Km 57 arah Cikampek dan diberlakukan secara situasional.
ADVERTISEMENT
Lalu skema rekayasa lalu lintas berikutnya yang juga telah dilakukan Jasamarga dan Kepolisian secara situasional, yakni penutupan atau pengalihan arus lalu lintas pada jalan tol layang Jakarta - Cikampek arah Cikampek.
Hingga pukul 09.05 WIB, ketiga rekayasa lalu lintas tersebut masih diberlakukan oleh Jasamarga dan Kepolisian akibat masih padatnya arus lalu lintas.
Bagi Anda yang hendak melakukan perjalanan pada libur panjang kali ini dan berencana melalui jalan tol Jakarta - Cikampek, pastikan bahan bakar mobil Anda telah diisi penuh, serta tidak ada salahnya juga siapkan jalur alternatif lainnya.
***