Otomotif
·
9 November 2020 14:11

Tol Layang Jakarta-Cikampek Bakal Punya 4 Tempat Parkir Darurat, Ini Lokasinya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tol Layang Jakarta-Cikampek Bakal Punya 4 Tempat Parkir Darurat, Ini Lokasinya (59540)
searchPerbesar
Pembangunan tempat parkir darurat di tol layang Jakarta - Cikampek. Foto: dok. Jasa Marga
PT Jasa Marga (Persero) Tbk, melalui anak usahanya PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) akan membangun Emergency Parking Bay atau tempat parkir darurat di sepanjang tol layang Jakarta-Cikampek.
ADVERTISEMENT
Kehadiran tempat parkir darurat itu, akan berfungsi sebagai tempat penghentian sementara bagi kendaraan yang bermasalah atau dalam kondisi darurat, sambil menunggu datangnya bantuan dari petugas Mobile Customer Service (MCS) Jasa Marga.
Diharapkan dengan adanya Emergency Parking Bay ini, nantinya kendaraan yang mengalami gangguan tidak mengganggu bahu jalan dan lajur utama, sehingga bisa menghindari kepadatan yang berpotensi terjadi," jelas Direktur Utama PT JJC, Vera Kirana dalam keterangan resminya.
Karena itu, lanjut Vera, berbagai fasilitas penunjang pun akan disiapkan di lokasi tempat parkir darurat tersebut, seperti toilet portable. Hanya saja, penempatannya hanya akan dipasang saat situasi tertentu seperti arus mudik Lebaran, libur panjang, serta libur Natal dan Tahun Baru.
Tol Layang Jakarta-Cikampek Bakal Punya 4 Tempat Parkir Darurat, Ini Lokasinya (59541)
searchPerbesar
Sejumlah pengendara mobil melintas di Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek ('Japek Elevated'), Bekasi, Jawa Barat, Senin (23/12). Foto: ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Lokasi tempat parkir darurat

Menyoal lokasinya, tempat parkir darurat itu sendiri akan dibangun di 4 titik lokasi ruas tol layang Jakarta - Cikampek. Berikut lengkapnya.
  • Kilometer 21+000 ruas Jakarta arah Cikampek
  • Kilometer 41+500 ruas Jakarta arah Cikampek
  • Kilometer 39+500 ruas Cikampek arah Jakarta
ADVERTISEMENT
  • Kilometer 22+500 ruas Cikampek arah Jakarta
Seluruh lokasi tempat parkir darurat itu nantinya dapat menampung 6 hingga 7 kendaraan dalam waktu bersamaan. Meskipun dapat menampung cukup banyak kendaraan, Vera tak menyarankan para pengendara untuk parkir di lokasi tersebut apabila tidak dalam kondisi darurat.
Tol Layang Jakarta-Cikampek Bakal Punya 4 Tempat Parkir Darurat, Ini Lokasinya (59542)
searchPerbesar
Sejumlah pengendara melintasi ruas jalan layang Tol Jakarta-Cikampek II arah Cikampek, di pintu masuk kawasan Cikunir, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (21/12/2019). Foto: ANTARA FOTO/Risky Andrianto

Proses pembangunan tempat parkir darurat

Proses pembangunan tempat parkir darurat tersebut, telah dimulai sejak Agustus 2020 lalu, dan ditargetkan dapat rampung pada Februari 2021 mendatang.
Selama proses pembangunan, Vera menjamin tidak ada pengurangan kapasitas lajur pada kedua ruas tol layang tersebut. Dirinya memastikan, kedua ruas tol layang dapat berfungsi seperti biasa.
Hanya saja, mulai November hingga Januari mendatang, Vera mengimbau agar para pengendara berhati-hati ketika melaju di keempat lokasi tempat peristirahatan tersebut.
ADVERTISEMENT
"Kami juga akan menyiapkan petugas untuk pengaturan lalu lintas, terutama di Jalan Tol Jakarta - Cikampek bawah," ucap Vera.
Tol Layang Jakarta-Cikampek Bakal Punya 4 Tempat Parkir Darurat, Ini Lokasinya (59543)
searchPerbesar
Tangga darurat yang melengkapi Tol Layang Cikampek akan bisa digunakan pertengahan Maret. Foto: Dok. Jaasa Marga
Selain membangun tempat parkir darurat, nantinya juga akan ada berbagai emergency plan lain yang telah disiapkan Jasa Marga. Emergency plan lainnya itu, yakni 8 Emergency Access berupa tangga darurat, 8 Emergency Opening yang berupa akses putar balik bagi petugas dan 2 Emergency Exit yang merupakan akses keluar tol layang bagi petugas saat situasi darurat.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020