Otomotif
·
30 Agustus 2020 10:22

Toyota Bangkitkan Lagi Hatchback Legendaris Starlet

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Toyota Bangkitkan Lagi Hatchback Legendaris Starlet (913169)
searchPerbesar
Logo Toyota Foto: dok. Istimewa
Seakan tak ada habisnya upaya Toyota buat mengembalikan eksistensi model legendarisnya. Usai meregenerasi Corolla dalam wujud SUV, jenama Jepang ini kembali menghadirkan hatchback yang pernah berjaya pada era 80 dan 90-an.
ADVERTISEMENT
Model yang dimaksud adalah Toyota Starlet, yang bakal diproduksi di India untuk kemudian diniagakan di Afrika. Sayangnya basis modelnya bukan benar-benar baru, melainkan memanfaatkan produk yang sudah ada.
Toyota Bangkitkan Lagi Hatchback Legendaris Starlet (913170)
searchPerbesar
Toyota Glanza Foto: dok. Overdrive
Jadi Toyota bakal menggunakan Glanza, hatchback terbarunya yang merupakan model rebadge Suzuki Baleno hatchback.
Mengacu laporan GaadiWaadi, Starlet dibuat di fasilitas produksi Suzuki di Gujarat, India, satu pabrik yang sama untuk memproduksi Baleno maupun Glanza. Afrika diakui merupakan pasar potensial bagi Toyota, sambil memanfaatkan kemampuan aliansi barunya dengan Suzuki.
Toyota Bangkitkan Lagi Hatchback Legendaris Starlet (913171)
searchPerbesar
Toyota Starlet berbasis Glanza Foto: dok Gaadiwaadi
Belum ada bocoran lanjutan, apakah Starlet yang dimaksud merupakan varian dari Glanza, atau penamaan produk. Kendati demikian dalam gambar spyshoot terlihat buritan hatchback tersebut hanya ditempeli emblem Starlet.
Rumor soal mesin diperkirakan akan sama, berbasis 1.200 cc (K12B) dengan output 81 dk di 6.000 rpm dan torsi 113 Nm pada putaran 4.200 rpm lewat transmisi manual 5-percepatan atau otomatis CVT.
Toyota Bangkitkan Lagi Hatchback Legendaris Starlet (913172)
searchPerbesar
Toyota Starlet berbasis Glanza Foto: dok Gaadiwaadi

Toyota Starlet di Indonesia

Nama Toyota Starlet juga pernah menggema di Tanah Air. Hatchback tersebut mulai dijual pada 1985 lewat generasi ketiganya dengan lekukan mengotak. Tapi model yang boleh dibilang tersohor adalah generasi keempatnya yang berbodi kapsul pada 1990-an.
ADVERTISEMENT
Hanya saja eksistensinya harus berhenti pada 1998. Sebagai penggantinya Toyota menghadirkan Yaris yang lebih modern, yang lebih mengikuti perkembangan zaman.
Toyota Bangkitkan Lagi Hatchback Legendaris Starlet (913173)
searchPerbesar
Toyota Starlet Foto: Wikimedia Commons
Kini, Starlet disebut sebagai barang buruan di bursa mobil bekas. Apalagi tren restorasi dan penjualan mobil lawas sedang berkembang di Indonesia. Mobilnya yang ikonik, sempat menjadi definisi representasi kendaraan keluarga maupun anak muda zaman dulu.
Sementara bicara keterkaitan Glanza dan Starlet sebenarnya tak bisa dipisahkan. Sebab salah satu varian generasi terakhir Starlet yang dijual di Jepang, diberi nama Glanza, yang hadir dengan tampilan sporty.
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona