kumparan
26 Februari 2018 20:38

Toyota Corolla Hatchback Terbaru Akan Pamer Mesin Hybrid Baru

Toyota Corolla Hatchback model 2019
Toyota Corolla Hatchback model 2019 (Foto: dok: Toyota)
Virus transformasi mobil sedan ke bentuk hatchback juga menjangkit Toyota. Pabrikan mobil asal Jepang ini direncanakan akan mengenalkan Toyota Auris model tahun 2019 yang juga dikenal sebagai versi hatchback dari Corolla di gelaran Geneva Motor Show 2018 (Geneva Motor Show memang biasanya memamerkan mobil konsep ataupun yang akan diluncurkan dalam beberapa tahun ke depan).
ADVERTISEMENT
Mobil ini mendapat ubahan yang cukup total. Bahkan Toyota menyebut Toyota Auris, "dilengkapi dengan desain eksterior yang lebih dinamis" berkat sokongan dari Toyota New Global Architecture.
Motor Trend melansir, model terbaru Toyota Auris akan hadir dengan tampilan lebih padu dari model sebelumnya yang pertama kali dikenalkan tahun 2012.
Namun yang paling ditunggu dari kehadiran Toyota Auris adalah terkait mesin yang akan digunakannya. Mobil hatchback ini akan menjadi model pertama yang menggunakan mesin full-hybrid 2 liter yang mengintegrasikan Dynamic Force Engine dengan Hybrid System II milik Toyota.
"Sistem ini mengaplikasikan pengurangan bobot, pengurangan dimensi, dan penggunaan teknologi yang sama dengan Prius generasi keempat," klaim Toyota tentang Hybrid System II ini. Hal ini sendiri sangat masuk akal, mengingat Toyota Prius dan Corolla hatchback ini sekarang menggunakan basis model yang sama.
Toyota Auris
Toyota Auris (Foto: dok: Toyota)
Tidak hanya mobil baru di ajang Geneva Motor Show 2018, Toyota juga akan mempersiapkan banyak teknologi baru. Gearbox manual terbaru dengan transmisi 6-percepatan yang memanfaatkan iMT (Intelligent Manual Transmission) salah satunya. Teknologi yang satu ini disebut-sebut disiapkan untuk pasar Eropa.
ADVERTISEMENT
Selain itu Toyota dikabarkan juga akan memperkenalkan dua sistem berkendara dengan penggerak empat roda yang baru. Satu diantaranya, E-Four 4WD akan diterapkan pada mobil hibrida, dengan sistem yang didesain untuk mengalihakn 30% torsi ke penggerak roda elektrik di roda belakang.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan