Otomotif
·
29 Agustus 2019 10:03

Toyota Crown Menteri Jokowi Tidak Dijual untuk Umum

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Toyota Crown Menteri Jokowi Tidak Dijual untuk Umum  (6118)
Toyota Crown Royal Saloon Foto: dok. Jalopnik
Para menteri kabinet baru pemerintahan Presiden Joko Widodo periode 2019-2024 akan memakai mobil dinas baru, yaitu Toyota Crown 2.5 HV G-Executive.
ADVERTISEMENT
Mobil sedan yang termasuk kasta tinggi pabrikan tiga oval itu, akan menggantikan Toyota Crown Royal Saloon yang telah menyelesaikan masa baktinya usai 10 tahun berdinas.
Toyota Crown Menteri Jokowi Tidak Dijual untuk Umum  (6119)
Toyota Crown 2.5 HV G-Executive Foto: dok. Toyota.jp
Namun sayangnya, PT Toyota-Astra Motor (TAM) sebagai distributor mobil tersebut, tidak menyediakannya untuk masyarakat umum, meskipun ada konsumen yang memintanya.
"Crown saat ini belum, belum ada rencana (dijual ritel), karena kalau untuk peluncuran produk itu kami harus lihat berbagai sudut, produknya, market-nya, jadi pada saat ini diskusi kami dengan prinsipal belum ada rencana untuk umum," kata Direktur Pemasaran PT TAM Anton Jimmi Suwandi saat ditemui di Jakarta, Rabu (28/8).
Toyota Crown Menteri Jokowi Tidak Dijual untuk Umum  (6120)
Toyota Crown Royal Saloon Foto: dok. Jalopnik
Terkait hal ini, Anton tidak menampik bila nantinya konsumen yang kesengsem bisa membelinya melalui importir umum. "Ya kami harus say sorry karena memang produk ini kami masukkan ke Indonesia bukan untuk konsumen umum dan ritel," tegasnya.
ADVERTISEMENT
Sementara urusan purnajual sendiri, Anton memastikan akan ditangani langsung oleh bengkel resmi Auto2000. Seperti konsumen Toyota lainnya, mobil-mobil baru menteri itu juga wajib mengikuti perawatan berkala.
"Seperti normalnya datang ke bengkel tapi kan pastinya booking dulu, ada PIC-nya, Crown ini sudah kami lengkapi free jasa dan spare part selama 5 tahun. Memang itu permintaan dan kebutuhan pemerintah, jadi semua perawatan free," timpal Anton.
Toyota Crown Menteri Jokowi Tidak Dijual untuk Umum  (6121)
Toyota Crown 2.5 HV G-Executive Foto: dok. Toyota.jp
Total ada 101 unit Toyota Crown buatan Jepang senilai Rp 147 miliar yang dipesan. Dijadwalkan semua unitnya akan siap digunakan usai pelantikan Jokowi-Ma'ruf pada Oktober 2019 mendatang.
Bicara spesifikasinya, mesin hybrid-nya di atas kertas menjanjikan tenaga 181 dk dan torsi gabungan 521 Nm. Besaran dayanya itu dikawinkan pada transmisi otomatik CVT.
Toyota Crown Menteri Jokowi Tidak Dijual untuk Umum  (6122)
Toyota Crown 2.5 HV G-Executive. Foto: Dok. Toyota.jp
Sedangkan menyoal fitur keselamatan, Toyota Crown generasi ke-15 ini dibekali dengan rem ABS, EBD, Brake Assist, Emergency Brake Signal, Automatic Emergency Braking, Pre Collision System, Lane Departure Warning, Lane Tracing Assist, Hill Start Assist, Blind Spot Assist, Road Sign Assist, Rear Cross Traffic Alert, Intelligent Parking Assist, Intelligent Clearance Sonar, Radar Cruise Control, Automatic LED Headlights, dan Tire Pressure Monitoring System dan Immobilizer.
ADVERTISEMENT