Otomotif
·
22 September 2020 14:27

Toyota GR Supra Terbaru Meluncur, Tenaga Melonjak 46 dk

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Toyota GR Supra Terbaru Meluncur, Tenaga Melonjak 46 dk (1077)
Toyota GR Supra Special Edition Foto: Istimewa
PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan New GR Supra baru lebih bertenaga, dan diklaim makin stabil dan sporty. Mobil sport legendaris ini hadir dengan varian Special Edition dengan beberapa komponen dan warna baru, yakni Horizontal Blue.
ADVERTISEMENT
"Melalui New GR Supra ini, kami ingin menegaskan komitmen untuk senantiasa melakukan improvement dalam menghadirkan produk-produk terbaik melebihi ekspektasi, sejalan dengan semangat Toyota dalam mewujudkan Ever–Betters Cars bagi para pelanggannya,” kata Vice President Director PT Toyota–Astra Motor, Henry Tanoto lewat keterangan resmi yang diterima kumparan.
Toyota GR Supra Terbaru Meluncur, Tenaga Melonjak 46 dk (1078)
Toyota GR Supra bermesin 3.0L meluncur di GIIAS 2019. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparan
Sejatinya, generasi ke-5 Toyota GR Supra resmi mendebut di gelaran GIIAS 2019 lalu. Saat itu mobil ini mendapat respons positif dari konsumen.
Ubahan pertama ada di bagian jantung mekanis. Di balik kapnya memang masih bersemayam mesin 3.000 cc 6-silinder segaris namun direvisi sehingga tenaga maksimalnya menjadi 381 dk dari semula 335 dk. Tenaga badak itu bisa diperoleh sejak putaran mesin 5.000-6.500 rpm. Sementara untuk torsi masih berkutat di 500 Nm pada 1.600-4.500 rpm.
ADVERTISEMENT
Masih di sektor ruang mesin, new Toyota GR Supra juga mendapatkan ubahan berupa penambahan strut brace yang disebut mampu meningkatkan daya cengkram ban pada aspal. Penyematan komponen baru ini juga meningkatkan kestabilan ketika dipacu dalam kecepatan tinggi.

Ubahan lain

Toyota GR Supra Terbaru Meluncur, Tenaga Melonjak 46 dk (1079)
Tampilan belakang Toyota GR Supra Special Edition Foto: Istimewa
Tak cuma sektor dapur pacu yang dikoreksi agar meningkatkan performa, bagian tampilan juga diubah. Untuk varian Special Edition ini dilengkapi dengan velg berukuran 19 inci berbahan alloy dengan laburan warna hitam matte.
Sebagai pemanis, di komponen kaliper rem depan juga disematkan logo Toyota Supra dengan kelir kaliper berwarna merah.
Toyota GR Supra Terbaru Meluncur, Tenaga Melonjak 46 dk (1080)
Tampilan interior Toyota GR Supra Special Edition Foto: Istimewa
Tak cuma itu, bagian dalam kabin juga mengalami rombakan. Secara umum, kabinya didominasi warna hitam yang juga semakin menguatkan identitas sportynya. Pada bagian jok di balut dengan bahan Black Alcantara dan sedikit sentuhan warna Blue Stitching dan Blue Perforation Underlay.
ADVERTISEMENT
Nah untuk menunjang mobilitas si pengguna, kini Toyota GR Supra juga dilengkapi dengan fitur wireless charging. Anda tak perlu lagi repot untuk mengisi daya baterai gawai.

Harga naik Rp 21 juta

Toyota GR Supra Terbaru Meluncur, Tenaga Melonjak 46 dk (1081)
Tampilan samping Toyota GR Supra Special Edition Foto: Istimewa
Menyoal banderol, untuk varian GR Supra Special Edition ini ada lonjakan harga hingga Rp 21 juta. Dari informasi Direktur Marketing PT TAM, Anton Jimmi Suwandy, pemesanan GR Supra Special Edition akan dimulai per hari ini 22 September 2020.
"Mulai 22 September ini ya. Harga yang Special Edition Rp 2.179.500.000," kata Anton saat dihubungi kumparan.
Menyoal alokasi kuota, GR Supra Special Edition juga akan sama dengan Toyota Supra yang sudah lebih dulu meluncur di GIIAS 2019. Artinya dalam setahun TAM hanya akan menyediakan 12 unit di 2020 ini.
ADVERTISEMENT
"(Pengiriman) dalam tahun ini," timpal dia.
Sekadar informasi dari 12 unit Toyota Supra yang mendebut di GIIAS tahun lalu semuanya sudah habis terjual. Dari laman resmi Toyota Indonesia, varian tersebut dibanderol Rp 2.158.500.000.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)