Otomotif
·
26 Oktober 2020 12:50

Toyota Innova Raih Bintang 5 Uji Tabrak ASEAN NCAP

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Toyota Innova Raih Bintang 5 Uji Tabrak ASEAN NCAP (220829)
Uji Tabrak Toyota Innova di ASEAN NCAP. Foto: dok. Autoindustriya
Toyota Innova berhasil meraih hasil sempurna pada uji tabrak ASEAN NCAP (New Car Assesment Program) beberapa waktu lalu.
ADVERTISEMENT
Melansir dari situs resmi ASEAN NCAP, medium MPV Toyota itu berhasil diganjar bintang lima dalam urusan keselamatan untuk penumpang dewasa dan anak-anak. Itu artinya, mobil ini memiliki tingkat keselamatan yang sangat baik.
Hanya saja, mobil yang digunakan pada uji tabrak ini bukanlah Innova facelift yang baru meluncur di Indonesia beberapa waktu lalu. Melainkan unit Toyota Innova reborn sebelum facelift.
Meskipun begitu, ASEAN NCAP memastikan hasilnya tidak akan jauh berbeda antara Innova sebelum dan setelah facelift. Memang, karena kedua mobil tersebut masih memiliki basis yang sama, dan hanya ada beberapa perbedaan pada tampilan luarnya saja.
Toyota Innova Raih Bintang 5 Uji Tabrak ASEAN NCAP (220830)
Toyota Kijang (Innova) generasi keenam Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Secara total, Toyota Innova mampu meraih penilaian 82,69 poin. Bila dirinci, untuk perlindungan penumpang dewasa atau Adult Occupant Point (AOP), Innova diganjar 45,90 poin.
ADVERTISEMENT
Angka itu dihitung dari penilaian 14,05 poin untuk benturan dari arah depan, 16,00 poin benturan dari arah samping, dan 3,00 poin untuk perlindungan kepala.
Bila ditotal, poinnya mencapai 33,05 poin, atau hanya berbeda 2,95 poin dari total maksimal yang bisa diraih, yakni 36.00 poin. Angka itu, bahkan sedikit lebih baik bila dibandingkan Corolla Cross yang hanya meraih 33,01 poin.
Lalu untuk perlindungan anak-anak atau Child Occupant Point (COP), hasil yang diraih juga cukup memuaskan. Mobil keluarga ini mampu mendulang 24,60 poin untuk uji dinamis, 9,00 poin untuk vehicle based, dan 9,17 poin dalam hal instalasi ISOFIX. Secara total, poin perlindungan anak-anak pada Innova mencapai 42,17 poin.
Toyota Innova Raih Bintang 5 Uji Tabrak ASEAN NCAP (220831)
Uji Tabrak Toyota Innova di ASEAN NCAP. Foto: dok. Autoindustriya
Berikutnya untuk urusan fitur keselamatan, Innova berhasil meraih 8,00 poin dalam hal efektivitas pengereman, 3,00 poin untuk pengingat sabuk keselamatan, dan 0 poin untuk blind spot technology. Setelah ditotal, poin keseluruhannya mencapai 11,00.
ADVERTISEMENT
Selanjutnya dari seluruh hasil uji tabrak itu pun dihitung dengan berbagai faktor penghitungan yang dilakukan ASEAN NCAP. Hasilnya, mobil ini mampu mencatatkan poin 45,90 untuk perlindungan penumpang dewasa (AOP) 21,51 poin untuk perlindungan anak-anak (COP), dan 15,28 poin untuk urusan fitur keselamatan.
Video
Dalam pengujian kali ini, ASEAN NCAP menggunakan unit Toyota Innova varian bensin 2.0 liter dengan transmisi manual. Lalu untuk pengujian pada kategori penumpang anak-anaknya, ASEAN NCAP menggunakan dua boneka yang berbeda usia, yakni 18 bulan dan 3 tahun.
Kedua boneka anak-anak itu diletakan di jok tengah dengan menggunakan kursi mobil yang memang dikhususkan untuk anak-anak.
Toyota Innova Raih Bintang 5 Uji Tabrak ASEAN NCAP (220832)
Toyota Kijang Innova Venturer Facelift 2020. Foto: dok. TAM
Berhasilnya Innova meraih bintang 5 tersebut, tentu saja tidak terlepas dari kehadiran berbagai fitur keselamatan yang ada di mobil keluarga itu, mulai dari Airbags, ABS, EBD, Brake Assist, seatbelt reminder, hingga ISOFIX.
ADVERTISEMENT
"Ini merupakan uji tabrak kedua ASEAN NCAP yang dilakukan terhadap model Toyota Innova. Pertama dilakukan pada 2016, di mana medium MPV ini berhasil menerima 2 rating, Bintang 4 untuk varian 3 airbags dan 5 bintang untuk yang 5 airbags," demikian keterangan dari ASEAN NCAP.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)