Otomotif
·
1 Oktober 2020 17:14

Toyota Starlet Bekas: Spesifikasi dan Harga Pasarannya Saat Ini

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Toyota Starlet Bekas: Spesifikasi dan Harga Pasarannya Saat Ini (213125)
Toyota Starlet Kotak. Foto: dok. wikimedia
Pamor Toyota Starlet sebagai salah satu mobil hatchback yang pernah eksis pada era 80an hingga 90an, nampaknya belum juga pudar.
ADVERTISEMENT
Mobil lawas yang dahulu jadi idola para anak muda di zamannya, kini kembali banyak diburu lagi. Tujuannya, tentu saja untuk bernostalgia dan mengenang masa lalu.
Karena banyaknya peminat tersebut, tak heran bila harga bekas Toyota Starlet, baik itu Starlet kotak generasi ketiga atau Starlet kapsul generasi keempat kembali meningkat.
Kolektor yang juga pemilik showroom mobil bekas klasik Malique Selatan Djakarta, Bima Maliki, mengatakan harga pasaran Starlet bekas yang punya kondisi istimewa dan full orisinil terbilang gelap.
Kisarannya sih untuk yang kondisi terawat, paling murahnya mungkin Rp 50 jutaan, dan paling mahal bisa di atas Rp 100 jutaan," ungkap Bima.
Toyota Starlet Bekas: Spesifikasi dan Harga Pasarannya Saat Ini (213126)
Starlet di Toyota Jamboree 2019 Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Lanjut Bima, mahal atau murahnya harga tersebut, tergantung pada kondisi masing-masing mobil. Semakin full orisinil kondisinya serta semakin rendah odometernya, maka harganya pun semakin melambung tinggi.
"Jadi full orisinal itu dalam artian, dia belum dimacem-macemin, cat bodi, velg, dan interior juga masih bawaan pabrik, kondisinya apik masih mulus, nah itu semakin mahal," beber Bima.
ADVERTISEMENT
Sementara bila mengacu beberapa situs jual beli mobil bekas, Toyota Starlet kotak dan Starlet kapsul memang punya harga bervariasi, mulai dari Rp 25 juta untuk kondisi apa adanya, hingga Rp 125 juta untuk kondisi sangat istimewa.
Toyota Starlet Bekas: Spesifikasi dan Harga Pasarannya Saat Ini (213127)
Modifikasi Toyota Starlet GI Foto: Muhammad Ikbal
Menyoal populasinya, Toyota Starlet kapsul memang lebih banyak dibandingkan Starlet kotak, pun dengan kondisinya. Starlet kapsul cenderung masih punya kondisi yang baik dibandingkan Starlet kotak.
"Tapi menariknya justru yang sekarang lagi paling banyak diincar itu Starlet kotak, karena bentuknya itu yang retro dan 90an banget, kesan nostalgianya lebih dapet," tutur Bima.

Spesifikasi Toyota Starlet kotak dan Starlet kapsul

Bicara soal spesifikasinya, Toyota Starlet kotak dibekali dengan 2 pilihan jantung pacu, bensin 1.0 liter dan 1.3 liter. Pada mesin bensin 1.0 liternya masih mengusung karburator SOHC yang mampu menyemburkan tenaga 55 dk dan torsi 102 Nm.
ADVERTISEMENT
Sedangkan pada mesin 1.3 liternya, menjanjikan tenaga 65 dk dan torsi 104 Nm. Keduanya sama-sama dipadukan dengan sistem transmisi manual 4 percepatan.
Toyota Starlet Bekas: Spesifikasi dan Harga Pasarannya Saat Ini (213128)
Modifikasi Toyota Starlet GI Foto: Muhammad Ikbal
Selanjutnya untuk Toyota Starlet kapsul, juga dibekali dengan 2 spesifikasi mesin yang sama seperti Starlet kotak, 1.0 liter dan 1.3 liter.
"Untuk tahun-tahun awal seperti 91 dan 92 kalau saya tidak salah, itu juga masih pakai mesin 1.000 cc karburator," jelas Bima.
Bagi Anda yang saat ini berminat berburu Toyota Starlet kotak atau Starlet kapsul, nampaknya harus sedikit bersabar. Selain karena populasinya yang tidak banyak, bisa jadi mayoritas orang yang memiliki mobil tersebut saat ini, akan menjaga mobil kesayangannya itu agar tidak berpindah garasi.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
ADVERTISEMENT