kumparan
17 Agustus 2019 10:49

Toyota Supra A90 Bisa Pakai Transmisi BMW Seri 3

Toyota Supra A90
Toyota Supra A90 dengan transmisi manual 6-percepatan Foto: Carbuzz
Sejak menjalani debut global-nya pada Januari 2019 lalu, Toyota Supra hanya menawarkan satu pilihan transmisi yaitu otomatik 8-percepatan. Terlahir sebagai sedan sport, tentu banyak yang berharap Supra generasi kelima ini memiliki pilihan transmisi manual.
ADVERTISEMENT
Menjawab banyaknya keinginan tersebut, rumah modifikasi European Auto Group (EAG) di Texas, Amerika Serikat, menawarkan paket konversi transmisi manual. Mengutip dari Car Buzz, EAG menawarkan sistem transmisi manual 6-percepatan yang merupakan OEM milik BMW.
Tentunya, penggunaan sistem transmisi OEM BMW tersebut tidak terlepas dari mesin B58 yang diadopsi oleh Toyota Supra. Mesin B58 sendiri memang merupakan mesin buatan BMW yang berkapasitas 3.0 liter 6 silinder turbocharger.
Pemilik rumah modifikasi EAG, Art Bartosik, menjelaskan bahwa ia memanfaatkan transmisi BMW 340i dan M240i. Dirinya mengaku tidak mengalami kesulitan dalam mencari suku cadang sistem transmisi tersebut.
otomotif, giias 2019, GR Supra, toyota Supra,
Toyota GR Supra bermesin 3.0L meluncur di GIIAS 2019. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparan
Selain mengganti sistem transmisi, EAG juga akan memberikan peningkatan performa mesin dalam paket konversinya. Bekerja sama dengan bengkel modifikasi asal Kanada, ProTuning Freaks, EAG akan meningkatkan tenaga standar Supra dari 335 dk menjadi 420 hingga 430 dk.
ADVERTISEMENT
Untuk mendapatkan seluruh paket tersebut, tentu harga yang ditawarkan tidaklah murah. European Auto Group pun mematok harga 12 ribu dollar AS, atau setara dengan Rp 171 jutaan untuk seluruh paket konversi tersebut.
Harga yang ditawarkan sendiri sudah meliputi pembelian suku cadang, jasa, serta garansi empat tahun atau 50 ribu kilometer yang diberikan oleh pihak EAG.
Rencananya, EAG akan turut memamerkan Supra bertransmisi manual pada ajang SEMA Show di Las Vegas, Amerika Serikat pada November 2019 mendatang.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan