Otomotif
·
23 Agustus 2020 10:43

Toyota Umumkan Recall Innova dan Fortuner, Ada Masalah Selang Vacuum Rem

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Toyota Umumkan Recall Innova dan Fortuner, Ada Masalah Selang Vacuum Rem (156149)
searchPerbesar
Toyota Kijang (Innova) generasi keenam Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
PT Toyota-Astra Motor mengumumkan penarikan kembali atau recall pada model Toyota Innova dan Fortuner. Pabrikan menemukan ada masalah selang vacuum rem pada kedua model tersebut.
ADVERTISEMENT
Mobil yang terdampak recall merupakan Toyota Innova dan Fortuner periode produksi 16 sampai 28 Agustus 2019. Namun dalam keterangan resmi Toyota, tidak semua kendaraan dalam rentang di atas terlibat, artinya hanya nomor rangka tertentu.
Toyota Umumkan Recall Innova dan Fortuner, Ada Masalah Selang Vacuum Rem (156150)
searchPerbesar
Toyota Fortuner TRD yang disegarkan di GIIAS 2019. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparanOTO
Seiring penggunaan, selang vacuum rem bisa berubah bentuk dan daya tahannya karena proses vulkanisasi. Dalam kasus terburuk sistem pengereman dapat hilang, sehingga pengemudi harus lebih menginjak pedal rem dengan tekanan berlebih untuk mengurangi laju dan perlambatan.
Maka dari itu, bagi konsumen yang mendapatkan undangan untuk datang ke diler Toyota, hari ini sudah bisa booking untuk dilakukan perbaikan maupun penggantian komponen selang vacuum rem.
Toyota Umumkan Recall Innova dan Fortuner, Ada Masalah Selang Vacuum Rem (156151)
searchPerbesar
Toyota Innova. Foto: Istimewa
Vice President Director PT TAM Henry Tanoto menyebut, masalah yang terjadi pada selang vacuum rem agak sulit dideteksi sendiri dan rem adalah komponen vital pada kendaraan, sehingga konsumen disarankan segera melakukan pengecekan.
ADVERTISEMENT
"Untuk itu kami sangat anjurkan agar pemilik Kijang Innova dan Fortuner dengan produksi Agustus 2019 segera mengecek kendaraannya demi kenyamanan dan keselamatan berkendara," jelasnya, Minggu (23/8).
Toyota Umumkan Recall Innova dan Fortuner, Ada Masalah Selang Vacuum Rem (156152)
searchPerbesar
Toyota Fortuner SRZ. Foto: dok. TAM
Konsumen Toyota Innova dan Fortuner bisa menghubungi jaringan penjualan terdekat atau menghubungi pusat layanan pelanggan di 1 500 315. Bisa juga mengakses laman toyota.astra.ci.id/ssc.
Terkait proses perbaikannya, akan memakan waktu 1,5 sampai 2 jam. Penggantian komponen ini tidak dikenakan biaya apa pun dan kampanye recall dilakukan sejak hari ini.
Toyota Umumkan Recall Innova dan Fortuner, Ada Masalah Selang Vacuum Rem (156153)
searchPerbesar
Toyota Innova. Foto: Istimewa

Penggantian komponen yang di-recall bisa di rumah

Guna mengikuti protokol kesehatan serta kebijakan physial distancing selama pandemi COVID-19, pemeriksaan maupun penggantian komponen selama recall Toyota Innova dan Fortuner ini bisa memanfaatkan layanan Toyota Mobile Service (TMS).
ADVERTISEMENT
Layanan tersebut memungkinkan penggantian komponen di rumah pelanggan. Untuk mendapatkan pelayanan TMS, pelanggan disarankan melakukan booking terlebih dahulu guna mengecek ketersediaan layanan.
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona
***
Saksikan video menarik di bawah ini: