Toyota Ungkap Alasan Tidak Boyong Voxy Hybrid Terbaru ke Indonesia

20 Februari 2022 15:00 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
All New Toyota Voxy 2022. Foto: Toyota Astra Motor
zoom-in-whitePerbesar
All New Toyota Voxy 2022. Foto: Toyota Astra Motor
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
PT Toyota Astra Motor (TAM) kembali menambah jajaran produk barunya di Indonesia dengan meluncurkan generasi terbaru dari Toyota Voxy pada Kamis (17/2/2022).
ADVERTISEMENT
Ini merupakan mobil baru keempat yang diluncurkan Toyota di 2022 setelah sebelumnya sudah meluncurkan Toyota Fortuner 2.8, Land Cruiser 300, dan Corolla Altis facelift. Kehadiran All New Voxy ini tentu akan semakin memperkuat eksistensi Toyota di segmen MPV, khususnya MPV Boxy yang hanya diisi Voxy dan Serena.
Sebagai generasi terbaru, berbagai ubahan pun dihadirkan Toyota pada Voxy. Mulai dari platform baru, tampilan yang lebih mewah, interior yang lebih lapang dan modern, fitur-fitur baru yang canggih, serta mesin baru yang lebih efisien dan bertenaga.
Ya, dari beberapa ubahan itu, sektor jantung pacu memang jadi ubahan yang menarik untuk dibahas. Kini, pada generasi keempatnya atau generasi kedua di Indonesia, Toyota Voxy mengusung mesin bensin berkode M20A-FKS berkapasitas 2.0 liter.
All New Toyota Voxy 2022. Foto: Toyota Astra Motor
Mesin itu menjanjikan tenaga dan torsi yang lebih besar, yakni 167 dk pada 6.600 rpm dan torsi 202 Nm pada 4.900 rpm. Selain punya tenaga dan torsi yang lebih besar dibandingkan pendahulunya, mesin ini juga diklaim lebih hemat bahan bakar dan lebih ramah lingkungan.
ADVERTISEMENT
"Memang Voxy yang baru ini dengan menggunakan platform terbaru TNGA, dan tuntutan dari pasar lalu tuntutan dari teknologi terbaru, serta tuntutan dari gas emisi yang harus semakin menurun. Jadi saya rasa memang waktu yang tepat saat ini untuk menggunakan mesin terbaru, karena mesin terbaru ini power-nya lebih meningkat, kemudian efisiensi lebih baik, dan kemudian angka CO2-nya juga lebih baik," jelas Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy, dalam acara peluncuran All New Voxy, Kamis (17/2/2022).
Kendati mesin Toyota Voxy terbaru sudah mengalami ubahan yang sangat positif, sayangnya masih ada beberapa orang yang bertanya-tanya terkait alasan Toyota tak memboyong varian hybrid dari Voxy ke Indonesia.
All New Toyota Voxy 2022. Foto: Toyota Astra Motor
Ya, bila melihat di pasar Jepang atau global, Toyota Voxy terbaru ini memang memiliki pilihan mesin hybrid. Untuk spesifikasi mesin hybrid-nya, yakni berkode 2ZR-FXE yang menawarkan tenaga 138 dk.
ADVERTISEMENT
Menjawab pertanyaan itu, Anton mengatakan apabila dirinya sebenarnya sangat tertarik untuk memboyong pilihan mesin hybrid dari Voxy ke Indonesia. Hanya saja, dikarenakan ada beberapa alasan, membuat dirinya ingin fokus terlebih dahulu terhadap Voxy bermesin bensin.
"Jujur secara pribadi saya juga ingin ya ada Voxy hybrid juga, cuma pada saat ini memang kami ingin fokus dulu kepada Voxy yang gasoline," beber Anton.
Lebih lanjut, Anton juga tidak menampik apabila pihaknya membuka peluang untuk memboyong Voxy hybrid ke Indonesia di masa mendatang. Sayangnya, dirinya belum bisa berkomentar kapan Voxy hybrid tersebut hadir di Tanah Air.
"Tapi tidak tertutup kemungkinan, kami juga lagi mempelajari, dan kalau memang pangsa pasar di segmennya cukup besar dan animonya cukup baik, tidak ada salahnya nanti kami ajukan. Tapi pastinya butuh persiapan dan butuh waktu," tutup Anton.
ADVERTISEMENT
***