Otomotif
·
9 September 2020 13:52

Toyota Yaris Facelift Punya Radius Putar Lebih Pendek, Apa Untungnya?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Toyota Yaris Facelift Punya Radius Putar Lebih Pendek, Apa Untungnya? (7296)
Toyota New Yaris 2020. Foto: dok. Toyota Astra Motor
PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi memperkenalkan Toyota Yaris facelift pada Selasa (8/9). Meluncur secara virtual melalui akun Youtube Toyota Indonesia, Yaris facelift jadi produk ke-8 yang diluncurkan Toyota sepanjang 2020.
ADVERTISEMENT
Berstatus sebagai versi penyegaran, Toyota rupanya tidak hanya sekadar menyegarkan tampilannya saja, namun juga turut membenahi sektor teknis dari Yaris facelift ini.
Salah satu ubahan teknis yang terbilang penting dan krusial pada mobil ini, yakni menyoal radius putarnya. Sebelumnya, Toyota Yaris punya radius putar 5,7 meter, kini dibuat jadi jauh lebih pendek menjadi hanya 5,1 meter saja.
Konsep improvement pada New Yaris kali ini adalah melengkapi dan menguatkan DNA Yaris dengan nilai tambah berupa kelincahan sebagai hasil dari radius putar yang lebih pendek serta desain eksterior yang stylish dan youthful," ucap Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT TAM.
Toyota Yaris Facelift Punya Radius Putar Lebih Pendek, Apa Untungnya? (7297)
Toyota New Yaris 2020. Foto: dok. Toyota Astra Motor
Lebih lanjut, kata Anton, alasan pihaknya melakukan improvement pada radius putar tersebut, tidak terlepas dari riset yang dilakukan serta banyaknya masukan dari konsumen Yaris pre-facelift.
"Turning radius ini memang berdasarkan dari kebutuhan konsumen, dan kami memang jelaskan ke engineer Toyota di prinsipal bahwa di Indonesia ini banyak sekali kebutuhan untuk putar balik ya berbeda dengan Jepang yang jarang putar balik," jelas Anton.
Toyota Yaris Facelift Punya Radius Putar Lebih Pendek, Apa Untungnya? (7298)
Toyota New Yaris 2020. Foto: dok. Toyota Astra Motor

Komponen teknis yang diubah pada Toyota Yaris facelift

Menyoal detail settingan ubahannya, dikatakan Anton, hanya sebatas pada komponen steering saja. Tidak ada ubahan pada komponen lain, seperti suspensi atau ukuran ban.
ADVERTISEMENT
"Berdasarkan informasi dari TMC (Toyota Motor Corporation), itu ada 3 komponen yang diubah, pertama itu steering column, kemudian intermediate shaft, kemudian juga dari steering gear. Jadi dari ubahan 3 item ini ternyata bisa sangat membantu mengubah turning radius dari new Yaris," papar Anton.
Dengan radius putarnya yang lebih pendek itu, maka akan berdampak positif pada kemampuan Yaris facelift saat berbelok atau putar balik.
"Jadi dia sekarang lebih lincah, bisa lebih patah saat putar balik, enak buat masuk jalan sempit, buat parkir, dan pasti buat belok," jelas Demas Agil, pebalap Toyota Team Indonesia dalam peluncuran virtual Toyota Yaris facelift.
Toyota Yaris Facelift Punya Radius Putar Lebih Pendek, Apa Untungnya? (7299)
Toyota New Yaris 2020. Foto: dok. Toyota Astra Motor

Harga Toyota Yaris facelift

Dengan ubahan teknis pada radius putar serta berbagai ubahan lainnya, Toyota Yaris facelift kini dibanderol dengan rentan harga Rp 263,4 juta hingga Rp 301,4 juta.
ADVERTISEMENT
Berikut harga lengkapnya.
  • Yaris G M/T 3 Airbags - Rp 263.400.000
  • Yaris G M/T 7 Airbags - Rp 268.400.000
  • Yaris G CVT 3 Airbags - Rp 274.200.000
  • Yaris G CVT 7 Airbags - Rp 279.200.000
  • Yaris TRD M/T 3 Airbags - Rp 284.800.000
  • Yaris TRD M/T 7 Airbags - Rp 289.800.000
  • Yaris TRD CVT 3 Airbags - Rp 296.400.000
  • Yaris TRD CVT 7 Airbags - Rp 301.400.000
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)