Otomotif
·
3 September 2020 13:51

Transaksi Online Astra Otoparts Tumbuh di Masa Pandemi COVID-19

Konten ini diproduksi oleh
Transaksi Online Astra Otoparts Tumbuh di Masa Pandemi COVID-19 (41105)
Komponen besutan Astra Otoparts. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparan
Astra Otoparts menginformasikan terjadi kenaikan transaksi online di tempatnya selama kuartal 2 2020. Situasi pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia, menjadi salah satu penyebabnya.
ADVERTISEMENT
Chief Executive Marketing Astra Otoparts, Rio Sanggau, mengatakan bila dahulu mayoritas masyarakat cenderung lebih ingin datang langsung, untuk melakukan perawatan kendaraannya, kini mereka justru merasa lebih nyaman bila dilakukan di rumah.
Jadi baik itu pembelian aki dan oli secara online atau delivery di Shop and Drive, baik itu melalui hotline atau astraotoshop.com, kini kontribusinya sudah 50 persen terhadap keseluruhan transaksi," jelas Rio dalam acara ngobrol virtual dulu (Ngovid) bersama Forum Wartawan Otomotif (Forwot) pada Rabu (2/9).
Selain karena faktor pandemi Covid-19 itu sendiri, meningkatnya transaksi online di Astra otoparts juga tak dipungkiri turut dipengaruhi oleh pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) beberapa waktu lalu, yang membuat sebagian besar bengkel Shop and Drive harus tutup sementara.
"Beruntungnya, selama PSBB lalu hampir seluruh toko-toko Shop and Drive, khususnya yang berada di pulau Jawa dan Bali sudah dilengkapi dengan gadget. Sehingga senjata itu lah yang kita gunakan untuk tetap keep in touch dengan pelanggan yang ingin order dan yang ingin melakukan pembayaran," ucap Rio.
Transaksi Online Astra Otoparts Tumbuh di Masa Pandemi COVID-19 (41106)
Komponen besutan Astra Otoparts. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparan
Tak hanya peningkatan dalam hal proses transaksi atau pemesanan saja, hal lain yang turut mengalami pertumbuhan positif selama pandemi Covid-19 dan PSBB lalu, yakni pembayaran secara digital. Bila sebelumnya, pembayaran secara digital hanya 20 persen, kini sudah lebih dari 50 persen.
ADVERTISEMENT

Oli dan aki dominasi penjualan online Astra Otoparts

Adapun mayoritas transaksi yang dilakukan secara online itu, kata Rio, didominasi oleh pembelian oli mesin dan aki kendaraan.
"Ternyata banyak sekali customer-customer pada waktu PSBB mungkin kendaraannya itu tidak pernah dipanaskan atau enggak dijalanin. Jadi pas mau dijalanin mulai aktivitas kembali, ternyata akinya soak," terang Rio.
Transaksi Online Astra Otoparts Tumbuh di Masa Pandemi COVID-19 (41107)
Komponen besutan Astra Otoparts. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparan
Selain 2 komponen itu, dikatakan Rio, beberapa komponen lain juga diprediksi akan terus mengalami pertumbuhan selama beberapa bulan ke depan, seperti filter udara, filter oli, kampas rem, dan shockbreaker.
Adanya potensi peningkatan tersebut, tidak terlepas dari menurunnya penjualan mobil baru akibat situasi ekonomi yang belum stabil serta banyaknya masyarakat yang cenderung enggan naik kendaraan umum dan memilih membawa kendaraan pribadi.
ADVERTISEMENT
"Sekarang ini kan kecenderungannya masyarakat enggak mau naik kendaraan umum, karena pandemi itu tadi. Mau enggak mau kendaraan pribadi mereka yang selama ini mungkin jarang dipakai, sekarang jadi dipakai terus, otomatis ya jadi mereka merawat kendaraannya itu," beber Rio.
Transaksi Online Astra Otoparts Tumbuh di Masa Pandemi COVID-19 (41108)
Layanan Home Delivery Shop and Drive. Foto: dok. Shop and Drive

Hadirkan program penjualan

Guna memberikan stimulus penjualan online selama pandemi Covid-19, Astra Otoparts juga banyak menghadirkan program penjualan menarik. Salah satunya yakni program Tebus Murah hingga 80 persen untuk transaksi pembelian aki, oli, shockbreaker, dan ban di Shop and Drive atau Shop and Bike.
Program yang dihadirkan untuk menyambut Hari Pelanggan Nasional pada 4 September 2020 itu memberikan kesempatan bagi pelanggan untuk membeli official merchandise Astra Otoparts dengan potongan harga hingga 80 persen.
ADVERTISEMENT
Official merchandise yang dihadirkan tersebut, yakni Aspira Toolkit, Aspira Face Shield + Cofing, Polo Shirt Pirelli, serta T-Shirt dan Topi Pirelli. Tak hanya itu saja, para pelanggan juga berkesempatan untuk mendapatkan gratis voucher belanja di Astraotoshop.com.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)